Ini Pesan Kapolri Terhadap Polisi yang Amankan May Day Fiesta di DPR dan GBK, Camkan Betul-betul

POJOKSATU.id, JAKARTA- Anggota polisi yang mengamankan perayaan hari buruh bertajuk May Day Fiesta di depan DPR RI dan Gelora Bung Karno (GBK) tak dilengkapi senjata ataupun alat-alat yang membahayakan massa yang turun ke jalan.


Selain itu, dalam pengamanan ini, anggota kepolisian juga menerapkan tindakan humanis.

“Pesan dari pimpinan (Kapolri) tetap humanis, tidak ada pasukan yang menggunakan senjata api,” kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Setyo Koes Heriyanto di DPR, Sabtu (14/5/2022).

Menurut Setyo, para buruh yang menggelar akai di depan DPR RI hanya berlangsung sampai jam 12.00 WIB.


Kemudian, kata Setyo, massa akan berlalih ke GBK dengan long march. Pada kesempatan itu, pihaknya akan mengawal para massa untuk mengantisipasi adanya bentrokan termasuk penyusup.

“Mereka long march lagi berlawanan arah menuju ke GBK,” ujarnya.

Seperti diketahui, Partai Buruh serta gerakan buruh di Indonesia bakal menggelar perayaan puncak Hari Buruh Internasional dengan melakukan aksi di Gedung DPR. Kemudian aksi itu juga digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (14/5/2022).

Dalam agenda tersebut, sejumlah pimpinan konfederasi serikat buruh asing bakal meriahkan agenda tersebut.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan, pihaknya akan merayakan Hari Buruh Internasional di Stadion Utama GBK.

Sejumlah pimpinan dari berbagai konfederasi serikat buruh asing dipastikan akan memberikan sambutan secara live streaming.

“Rangkaian acara perayaan Hari Buruh Internasional ini juga akan serempak dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia, seperti Surabaya, Malang hingga Medan,” kata Said. (fir/pojoksatu)