PSBM ke-22 Harus Lahirkan Calon Pemimpin Nasional Penerus JK, Siapa Orangnya ?

Jusuf Kalla atau JK

POJOKSATU.id, MAKASSAR – Pertemuan Saudagar Bugis Makassar atau PSBM ke-22 diharapkan melahirkan figur calon pemimpin nasional dari Sulawesi Selatan (Sulsel), seperti Jusuf Kalla (JK).

Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Muchlis Patahna mengatakan, jelang 2024 harus ada tokoh Sulsel yang bisa menyamai ketokohan JK.

Menurutnya, momen PSBM ke-22 harus dimanfaatkan oleh warga Sulsel untuk melahirkan figur penerus JK di kancah politik nasional.

“Ini yang kita harus lahirkan dari PSBM. Siapa penerus JK,” ujar Muchlis Patahna, seperti dilansir Fajar (jaringan Pojoksatu.id) pada Jumat (13/5/2022).


Setelah PSBM, kata Muchlis Patahna, KKSS juga akan menggelar Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar (PCBM).

BACA: Dijamu Gubernur Sulsel, Pertemuan Saudagar Bugis Makassar Bakal Dibuka JK Besok

Pihaknya menghadirkan Prof Anhar Gonggong sebagai budayawan yang akan memaparkan nilai-nilai Sulsel dalam kepemimpinan nasional.

Prof Anhar akan dipanelkan dengan tohoh-tokoh nasional seperti Anies Baswesan, Airlangga Hartarto, hingga Erick Thohir.

“2024 ada pemilihan kepimpinan. Nah bagaimana orang Bugis Makassar bisa berkontribusi,” jelas .

Menurutnya, melahirkan figur di bidang politik sangat penting. Sebab, selama ini PSBM hanya melahirkan tokoh-tokoh ekonomi yang bahkan bisa menyaingi JK. Misalnya Andi Amran Sulaiman dan Erwin Aksa.

“Secara ekonomi mereka sudah besar-besar, sisa tokoh politiknya,” kata dia.

Muhlis mengemukakan, tema PSBM ke-22 yaitu “Kolaborasi Saudagar Bugis Makassar untuk Indonesia Sejahtera”.

Tema itu memiliki makna mendalam. Persatuan saudagar asal Sulsel kata dia sangat besar pengaruhnya di bidang ekonomi.

“Nah ke depan, potensi itu yang terus dimaksimalkan. Sebab fokus kita memang ekonomi,” bebernya.

Para saudagar Bugis Makassar dari berbagai pelosok nusantara akan dijamu oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di rumah jabatan gubernur, Jumat (13/5) malam ini.

Rencananya, Pertemuan Saudagar Bugis Makassar akan dibuka secara langsung oleh Jusuf Kalla di Hotel Claro Makassar pada pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Beberapa tokoh akan tampil menjadi pembicara, seperti Menteri Pertanian yang juga mantan gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan pengusaha Erwin Aksa. (fajar)