Ratusan Saudagar Bugis Makassar Bertemu di Hotel Claro, Ada Figur Capres ?

Sekretaris Panitia PSBM ke-22 Awaluddin Sarmidi

POJOKSATU.id, MAKASSAR – Ratusan pengusaha akan menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-22 di Hotel Claro Makassar pada Sabtu (14/5).

Sejumlah tokoh dan kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) juga dipastikan akan menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar.

Bahkan, beberapa figur calon presiden (capres) juga disebut-sebut akan hadir dalam acara tersebut.

PSBM ke-22 ini dimotori oleh Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dengan teman “Kolaborasi Saudagar Bugis Malassar untuk Indonesia Sejahtera”.


Pertemuan Saudagar Bugis Makassar dirangkaikan dengan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) BPP KKSS.

Panitia PSBM ke-22 mengundang 1.500 peserta untuk menghadiri kegiatan ini. Sebanyak 800 peserta telah mengkonfirmasi akan hadir.

Sekretaris Panitia PSBM ke-22 Awaluddin Sarmidi mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk saling tukar informasi antar sesama saudagar Bugis Makassar.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi wadah silaturrahmi, sinergi dan kolaborasi antar saudagar dengan saudagar lainnya maupun dengan pemerindah daerah di Sul Sel.

“Kehadian para saudagar dan peserta di Makassar bisa memberikan efek terhadap perputaran ekonomi Sul Sel,” ucap Awaluddin.

Melalui PSBM ini, lanjut Awaludddin, saudagar perantau mengetahui potensi dan peluang bisnis yang ada di Sul Sel dan bisa berinvestasi di tanah Bugis Makassar.

Awaluddin menambahkan, kegiatan PSBM 2022 juga diharapkan bisa menginspirasi lahirnya saudagar Bugis Makasaar muda.

“Kita ingin ada regenerasi, bagaimana menghasilkan saudagar-saudagar baru sebagai pelanjut masa depan karena kalau kita tidak bersinergi, kita akan tersisih. Itu yang kita ingin tekankan,” jelas Awaluddin.

Menurut Awaluddin, saudagar Bugi Makassar tersebar di berbagai pelosok negeri. Mereka memiliki usaha di berbagai bidang.

Diharapkan para saudadagar Bugis Makassar itu bisa saling berkolaborasi untuk mengembangkan usaha-usaha mereka.

Magnet Politik

Pertemuan saudagar Bugis Makassar yang berasal dari berbagai penjuru nusantara memiliki daya tarik bagi para pengusaha maupun politikus.

Pengamat Politik Unhas, Sukri Tamma menilai para saudagar Bugis Makassar dari rantauan memiliki pengaruh di daerah mereka masing-masing.

“Mereka adalah tokoh, orang yang dianggap sukses dan memiliki pengaruh. Maka pertemuan ini penting bagi para kandidat dalam kontes politik,” ujar Sukri dilansir Fajar, Kamis (12/5).

Melalui event tersebut, para tokoh politik berpeluang mencari simpati dan dukungan. Sekaligus membantu para kandidat untuk bertemu karena event ini mengumpulkan semuanya.

“Jadi sekali jalan, bisa ketemu banyak pihak,” sebutnya.

Sukri menyebut PSBM ini bisa dijadikan jaringan berkelanjutan. Tak hanya kerja sama politik, tetapi juga ekonomi.

“Jadi event ini menurut saya memang menjadi sangat seksi,” katanya.

Sukri memprediksi akan banyak agenda lain di luar pertemuan formal PSBM. Kemudian juga akan dimanfaatkan para figur politik di Sulsel yang akan maju menjadi kepala daerah.

Pengamat Politik Universitas Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad juga menilai PSBM berpengaruh maka secara politis dan ekonomi.

Pertemuan ini kata dia, tidak bisa dipungkiri memiliki nilai jual tinggi bagi para tokoh nasional. (one/pojoksatu)