Jelang Idul Adha Ada Penyakit Mulut dan Kuku Terhadap Hewan Ternak, Polri Langsung Turun Tangan

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

POJOKSATU.id, JAKARTA- Jelang hari raya qurban atau Idul Adha, ada penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak di wilayah-wilayah tertentu.


Mengantisipasi penyebaran itu, Polri menyiapkan upaya mitigasi untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak tersebut.

Salah satu pencegahan yang disiapkan yaitu melakukan lockdown di wilayah yang diketemukan penyakit tersebut.


“Mitigasi penyebaran virus PMK di wilayah Provinsi Jatim dengan laksanakan lockdown lokal guna mengentikan sementara mobilitas angkutan ternak ke luar wilayah atau biosecurity,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Jendral bintang dua ini menuturkan, guna untuk mengoptimalkan penyebaran penyakit PMK, pihaknya akan bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) atau dinas perernakan dalam rangka penanganan penyakit tersebut.

“(Kita) terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan daerah untuk pendataan,” ujarnya

Tak hanya itu, kata Dedi, pihaknya juga akan melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi.

Termasuk pihaknya juga akan akan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di suatu wilayah.

“Kita akan melakukan patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sap,” ujarnya.

“Vaksinasi dan langkah-langkah seperti potong paksa dan penguburan hewan yang sudah mati dengan memberikan disinfektan atau obat-obat pembunuh virus,” tambah Dedi. (fir/pojoksatu)