Airlangga-AHY di Pilpres 2024 Harus Berjuang Keras, Pengamat: Publik Masih Menilai Pilgub Saja Kalah

Airlangga Hartarto bersama AHY (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Pengamat politik Muslim Arbi menyebut duet Airlangga Hartarto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) harus berjuang keras jika maju Pilpres 2024. Publik masih teringat Pilgub DKI Jakarta 2017.

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi mengatakan, setelah AHY menemui Airlangga Hartarto, bisa jadi kedua pucuk pimpinan partai politik ini berpeluang membangun koalisi di Pilpres 2024.

Peluang koalisi yang dikatakan Muslim Arbi adalah menjadi pasangan sebagai calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden Cawapres) di Pilpres 2024.

“Golkar di bawah ke pemimpinan Airlangga jadi pendukung kuat di pemerintahan, dan Demokrat di bawah AHY dinilai cukup kuat beroposisi. Bisa jadi keduanya berpeluang berpasangan di Pilpres 2024,” ujar Muslim, Minggu (8/5).


Meski demikian, Muslim mengingatkan, jika memang akan jadi paket pasangan, Airlangga maupun AHY harus berjuang keras.

Sebab, sejauh ini berdasarkan hasil survei beberapa lembaga menempatkan keduanya di posisi di bawah 3 besar.

Apalagi kata Muslim, publik pasti akan mengingat bahwa putra sulung mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu telah menelan kekalahan saat bertarung di pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 silam.

“Publik akan nilai, gimana mau menang Capres, kalau di Pilgub saja kalah?” pungkas Muslim.

Diketahui, usai melakukan silaturahmi di momen Idul Fitri 1443 Hijriyah, Airlangga Hartarto dan Agus Harimurti Yudhoyono dianggap berpeluang besar berpasangan di Pilpres 2024 mendatang. (ral/rmol/pojoksatu)