Shalat Idul Fitri Pertama di JIS, Netizen Bilang Mirip Mekah

Suasana shalat Idul Fitri di JIS.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Umat muslim berbondong-bondong menuju Jakarta Internasional Stadium (JIS) untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1423 H, Senin (2/5/2022). Ini shalat Idul Fitri pertama di JIS, sekaligus shalat berjamaah pertama setelah dua tahun karena pandemi.

Jamaah shalat Idul Fitri di JIS tak hanya datang dari Jakarta. Tapi juga dari Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Sejak pukul 05.00 WIB, jamaah sudah menyemut menuju JIS dengan berbagai kendaraan. Ada yang pakai kendaraan pribadi, motor, dan bus khusus yang disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Setidaknya lebih dari 10 ribu jamaah memenuhi lintasan luar JIS. Jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri membelakangi stadion.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menjelaskan, JIS hadir setelah 16 tahun lamanya. Pelaksanaan shalat Idul Fitri di JIS ini merupakan kali pertama.

“Kita adalah pribadi-pribadi pertama yang melaksanakan shalat Idul Fitri di JIS,” kata Anies.

JIS juga layaknya wisata religi bagi jamaah Idul Fitri kali ini. Banyak jamaah yang mengabadikan momen Hari Kemenangan dengan berlatar JIS.

Saat PojokSatu.id melakukan live di Tiktok, banyak yang mengira pelaksanaan shalat di luar negeri.

“Wah, JIS udah kayak di Mekah saja,” kata akun Tiara Wulandari.

Jamaah yang datang ke JIS juga banyak yang berkursi roda. Terlihat juga beberapa disabilitas yang penuh semangat melaksanakan shalat Idul Fitri di JISm

Pelaksanaan shalat Idul Fitri di JIS dilaksanakan pada pukul 07.0 WIB. Menjadi khatib k adalah KH Muhammad Cholil Nafis (Ketua MUI Pusat). Cholil mengusung tema “Spirit Fitrah untuk Membangun Kesalehan”.

Sedangkan imam dalam salat Id di JIS adalah Ustaz Heri Kuswanto. Heri merupakan juara nasional tilawah dewasa putra MTQ Nasional tahun 2018.

Petugas lainnya, yang bertindak sebagai bilal atau muazin adalah Ustaz Abdullah Hanafi, sebagai MC Ustaz Muklis, dan petugas takbir Ustaz Sofyan. (*/pojoksatu)