Ribuan Masyarakat Salat Idul Fitri di JIS, Anies Baswedan : Ini Kemenangan, Akhirnya…

Anies Baswedan jadi rebutan warga yang ingin berswafoto usai salat Idul Fitri di JIS, Senin (2/5/2022). Foto Instagram

POJOKSATU.id, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan syukur akhirnya bisa menggelar salat Idul Fitri 1443 Hijriyah di Jakarta International Stadium (JIS).

Itu sekaligus sejarah karena salat Idul Fitri kali pertama digelar di JIS yang baru dibangun dan dua tahun tak bisa menggelar akibat pandemi Covid-19.

“Ini adalah kemenangan setelah dua Idul Fitri kami lalui tanpa kebersamaan, tanpa perayaan besar, karena perjuangan kita mengendalikan pandemi,” kata Anies, Senin (2/5/2022).

Anies juga mengapresiasi para pekerja yang menyelesaikan JIS meski saat pandemi Covid-19, dan petugas yang menyiapkan salat Idul Fitri di JIS.


Anies Baswedan juga beryukur akhirnya Jakarta memiliki stadion sendiri setelah 16 tahun lamanya.

BACA: Shalat Idul Fitri Pertama di JIS, Netizen Bilang Mirip Mekah

“JIS stadion yang menjadi mahakarya bukan hanya karena bentuk fisiknya belaka namun juga atas kerja keras luar biasa dari anak negeri, atas visi dan cita-cita yang digantungkan kepadanya,” katanya.

Untuk diketahui, salat Idul Fitri di JIS diikuti ribuan masyarakat. Dalam kesempatan itu, Anies datang bersama istri dan empat anaknya.

Salat Idul Fitri di JIS digelar mulai pukul 07.00 WIB dengan Khatib Muhammad Cholil Nafis dan Imam Ustaz Heri Kuswanto yang menjadi juara MTQ Nasional 2018.

Setidaknya lebih dari 10 ribu jamaah memenuhi lintasan luar JIS. Jamaah melaksanakan shalat Idul Fitri membelakangi stadion.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menjelaskan, JIS hadir setelah 16 tahun lamanya. Pelaksanaan shalat Idul Fitri di JIS ini merupakan kali pertama.

JIS juga layaknya wisata religi bagi jamaah Idul Fitri kali ini. Banyak jamaah yang mengabadikan momen Hari Kemenangan dengan berlatar JIS.

Saat PojokSatu.id melakukan live di Tiktok, banyak yang mengira pelaksanaan shalat di luar negeri.

Jamaah yang datang ke JIS juga banyak yang berkursi roda. Terlihat juga beberapa disabilitas yang penuh semangat melaksanakan shalat Idul Fitri di JISm

Pelaksanaan shalat Idul Fitri di JIS dilaksanakan pada pukul 07.0 WIB. Menjadi khatib k adalah KH Muhammad Cholil Nafis (Ketua MUI Pusat). Cholil mengusung tema “Spirit Fitrah untuk Membangun Kesalehan”.

Sedangkan imam dalam salat Id di JIS adalah Ustaz Heri Kuswanto. Heri merupakan juara nasional tilawah dewasa putra MTQ Nasional tahun 2018.

Petugas lainnya, yang bertindak sebagai bilal atau muazin adalah Ustaz Abdullah Hanafi, sebagai MC Ustaz Muklis, dan petugas takbir Ustaz Sofyan.

Sebelumnya, JIS juga menjadi lokasi malam takbiran dengan digelar Festival Bedug Malam Takbir oleh perwakilan enam wilayah DKI Jakarta. (ruh/pojoksatu)