Kapolri Puji Penerapan One Way di Tol Cikampek KM 47 Hingga GT Kalikangkung, Tiga Setengah Jam Sudah Sampai Jateng

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi penerapan one way dan ganjil genap di Tol Cikampek hingga GT Kalikangkung Jateng.


Penerapan one way dimulai KM 47 Tol Jakarta -Cikampek sampai KM 414 GT Kalikangkung, Jawa Tengah.

Bahkan orang nomor satu di institusi di Korps Bhayangkara ini mengklaim dengan penerapan one way dan ganjil genap itu kemacetan pun bisa terurai.


Padahal, kata Jenderal Sigit, dari laporan pihak Jasa Marga bahwa volume kendaraan yang melintas di jalan tol Cikampek terus mengalami peningkatan.

“Kemacetannya masih bisa dihindari. Dan laporannya tadi (malam) pada saat one way dibuka dimulai rombongan pengendara paling depan saat diberlakukannya one way dalam waktu tiga setengah jam sudah sampai di Tol Kalikangkung,” kata Sigit di Tol Jakarta-Cikampek KM 48, Jumat malam (29/4/2022).

Meski begitu, kata Sigit, ia meminta pihak kepolisian bersama dengan pihak terkait lainnya tidak akan cepat berpuas diri.

Sebab kebijakan ini, stakeholder terkait akan terus melakukan evaluasi demi mempertahankan tren positif mengantisipasi terhadinya kemacetan di dalam tol.

“Jadi ini akan kita evaluasi terus, rekayasa One Way ini kita harapkan betul-betul bisa mengurai dan membuat masyarakat yang kembali mudik betul-betul bisa nyaman karena kemacetannya bisa kita kurangi,” ucap eks Kabareskrim Polri ini.

Sebelumnya, pihak kepolisian akan memberlakukan sistem satu arah atau one way dan ganjil genap di jalur tol, Kamis (28/4/2022(.

Penerapan one way dan ganjil genap ini akan dimulai sejak pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Penerapan awal akan dimulai dari KM 47 Tol Jakarta -Cikampek sampai KM 414 gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah.

“Dimulai hari ini. Ini untuk mengurai kemacetan di dalam tol,” kata kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Kombes Sambodo menghimbau, agar masyarakat yang hendak melakukan mudik hari ini agar memperhatikan nomor kendaraannya termasuk memperhatikan berbagai kebutuhan kendaraan, seperti bahan bakar dan lainnya.

“Perhatikan nomor kendaraan ya dan lainnya,” ungkapnya. (fir/pojoksatu)