Mahfud MD Kritik Pemerintahan Jokowi, Pengamat: Itu Pencitraan Mau Masuk Panggung 2024

Mahfud MD dan Jokowi (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pengamat politik Rico Marbun menyebut Mahfud MD sedang melakukan pencitraan demi panggung Pilpres 2024. Padahal Mahfud saat ini masih Menkopolhukam di kabinet Jokowi.

Pernyataan politik Mahfud MD yang videonya kini viral tersebut mengundang analisa dari sejumlah pengamat politik seperti Rico Marbun.

Bagi Rico, blak-blakan Mahfud menyiratkan kepentingan politik 2024 dirinya yang tak lagi berpihak kepada Jokowi dan lingkarannya.

“Pak Mahfud ingin mengambil jarak dengan Pak Jokowi, dengan mengatakan bahwa negara ini hancur-hancuran, keadaannya menyeramkan,” ujar Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, Selasa (26/4).


Baca Juga:

Viral Mahfud MD Kritik Pemerintahan Jokowi, ‘Tidak Kayak Sekarang, Aduh Mengerikan Kalau Saya Lihat’

Di samping itu, Rico juga memaknai pernyataan kritis Mahfud terhadap Jokowi sebagai bentuk pencitraan untuk dirinya bisa masuk ke dalam panggung politik 2024.

“Padahal di waktu yang sama Pak Mahfud kan juga ada dalam pemerintahan, sebagai salah satu yang bertanggung jawab terhadap situasi yang beliau analisa sendiri,” tuturnya.

Maka dari itu, Rico berkesimpulan bahwa mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu telah berseberangan dengan kepala pemerintahan saat ini, dengan seolah-olah menunjuk hidung Jokowi sebagai biang keladi permasalahan yang muncul saat ini.

“Ini berarti beliau (Mahfud) seperti menyiratkan situasi sekarang ini ada dalam pundak Pak Jokowi seorang. Dan Pak Mahfud berjarak dengan realitas itu,” demikian Rico Marbun. (ral/rmol/pojoksatu)