Heboh Jokowi Datangi Anies Baswedan di Sirkuit Formula E, Begini Analisa Fahri Hamzah

Anies Baswedan mendampingi Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kehadiran Presiden Jokowi ke Sirkuit Formula E membuat heboh publik. Salah satunya memantik komentar dari mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

Kehadiran Presiden Jokowi ke Sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4) siang terbilang mengejutkan.

Sebab selama ini, pendukung fanatik Presiden Jokowi kerap mencibir Formula E yang akan digelar di Jakarta pada Juni mendatang.

Apalagi orang atau penyelenggara Formula E ini ditunjuk panitia internasional yaitu DKI Jakarta dalam hal ini di bawah komando Anies Baswedan.


Bahkan Ketua Umum PSI Giring Ganesha sampai bela-belain datang meninjau lokasi pembuatan sirkuit Formula E di Ancol tersebut.

Di mana dalam peninjauan itu dia melaporkan ke publik lewat sebuah video bahwa dirinya hanya menemui gerombolan kambing dan kakinya terperosok dalam lumpur.

Eks politisi PKS yang sekarang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah, ikut berkomentar mengenai kunjungan bareng Jokowi dan Anies ke lokasi sirkuit Formula E ini.

Fahri Hamzah mengingatkan bahwa posisi Jokowi dan Anies di hadapan publik seharusnya sama.

Yaitu sama-sama pelaksana anggaran yang dikutip dari rakyat.

“Presiden dan Gubernur semuanya adalah pengguna anggaran APBN/APBD,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Selasa (26/4).

Atas alasan itu, mantan Wakil Ketua DPR RI tersebut meminta publik untut tidak mengadu domba keduanya.

“Jadi sama saja. Jangan diadu domba,” tutupnya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Jokowi berharap awal Juni balapan Formula E sudah bisa digelar.

Di tengah kritikan dari kubu sebelah kepada Anies Baswedan soal Formula E ini, terutama Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Presiden Jokowi justru meninjau sirkuit di Ancol didampingi Anies Baswedan.

Presiden Jokowi mengatakan trek balapan Formula E sudah siap.

Jokowi juga memberikan catatan terkait persiapan Formula E. Dia berharap masyarakat bisa melihat Formula E pada Juni mendatang.

“Ya saya ingin melihat persiapan formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin (25/4).

“Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grandstand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” ujar Jokowi lagi.

Sementara itu, Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas kunjungannya di Sirkuit Formula E.

“Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo sudah menyempatkan hadir ke Sirkuit Formula-E di Ancol siang ini,” ucap Anies lewat akun Instagramnya, seperti dilihat, Senin (25/4/2022). (ral/rmol/pojoksatu)