Polisi Sebut Jalur Tol Jakarta- Cikampek Masih Normal, Pemudik Diminta Tetap Taati Aturan Ini

Ilustrasi kepadatan di jalan tol (jawa pos)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengungkap hingga saat ini jalur mudik di Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau normal.

Jumlah kendaraan yang melintasi di tol ini juga masih didominasi kendaraan angkutan barang dan kendaraan pribadi.

“Untuk mudik sampai saat ini kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek masih normal. Kendaraan masih didominasi angkutan barang dan kendaraan pribadi,” kata Sambodo, Senin (25/4/2022).

Sambodo juga menuturkan, batas kecepatan kendaraan yang melintas jalur tol Jakarta-Cikampek masih normal. Yakni diatas 40-60 km perjam.


“Begitu juga dengan kecepatan masih normal kecepatan. Masih 40- 60 km perjam,” ujarnya.

Karena itu, Sambodo menghimbau agar para pemudik yang melakukan perjalan mudik agar tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas

“Atur kecepatan, taati aturan berlalu lintas,” ujarnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Adapun masyarakat yang sudah menerima vaksin booster dapat melakukan mudik Lebaran, tanpa harus test antigen maupun PCR.

Namun, bagi yang menerima vaksin dosis kedua tetap mensyaratkan tes antigen dengan sampel diambil dalam kurun 1 x 24 jam, atau PCR 3 x 24 jam.

Sementara itu, yang baru menerima dosis pertama tetap mensyaratkan PCR dalam kurun 3 x 24 jam. Syarat ini untuk memastikan bahwa yang mudik dalam keadaan sehat, sudah divaksin booster.

Di samping itu, dilakukan penyesuaian syarat kepada yang memiliki kondisi kesehatan (penyakit komorbid) khusus dan anak. Bagi komorbid yang tidak dapat divaksin, maka wajib tes PCR 3×24 jam.

Sementara itu, dalam mudik kali ini, Mabes Polri telah mengerahkan sebanyak 144.392 personel gabungan untuk mengamankan lalu lintas arus mudik.

Seluruh personel tersebut akan mengisi 2.702 posko yang terdiri dari 1.710 pos pengamanan, 734 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu. (fir/pojoksatu)