Ogah Kecolongan Lagi, Polisi Klaim 10 Ribu Aparat Dikerahkan untuk Pengamanan Demo 21 April

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol E. Zulpan

POJOKSATU.id, JAKARTA- Sedikitnya 10 ribu aparat gabungan dikerahkan guna mengawal demo dari elemen buruh-mahasiswa, yang digelar Kamis 21 April 2022.

Polisi pun mengungkap alasan banyaknya aparat gabungan yang diterjunkan dalam demo ini.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan mengatakan hal ini dilakukan tak lain guna memberikan rasa aman pada warga yang tidak berdemo.

Selain itu polisi bukan cuma memberikan rasa aman ke peserta demo saja.


“Tentunya siaga, kemudian ingin memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat, bukan hanya pengunjuk rasa tapi juga adalah sekitar lokasi unjuk rasa yang merupakan bidang perkantoran, akses menuju jalan itu, itu semuanya kami jaga,” ucap dia di kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis 21 April 2022.

Zulpan menambahkan agar tidak jadi kericuhan seperti demo 11 April 2022 lalu.

Dimana saat itu diketahui pasca aksi ada kericuhan. Belum lagi ada pembakaran pos polisi Pejompongan. Zulpan mengatakan, aparat gabungan diterjunkan bukan cuma di kawasan demo.

“Dijaga semua mereka seperti di Pejompongan kemarin ya kan dibakar itu pospol, nah makanya itu kami jaga ya, jadi pelibatan personel ini tidak terfokus di lokasi unjuk rasa tapi di beberapa tempat yang menuju tempat strategis lainnya,” ujar dia.

(dhe/pojoksatu)