Fraksi Rakyat Bakal Dibentuk, Partai Golkar Siap Pasang Badan untuk Perjuangkan di Parlemen

Ketua Presidium Majelis Rakyat Indonesia Yudi Syamhudi Suyuti (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Penggagas Fraksi Rakyat di Parlemen sekaligus Ketua Presidium Majelis Rakyat Indonesia Yudi Syamhudi Suyuti mengatakan, sejauh ini baru Partai Golkar yang menyerap aspirasi untuk diwujudkannya Fraksi Rakyat berwujud Badan Partisipasi Warga.

Fraksi Rakyat sendiri diketahui merupakan Fraksi alternatif dari Fraksi Utusan Golongan di MPR yang lebih mutakhit, demokratis dan inklusif.

“Partai Golkar sendiri begitu serius dan akan memperjuangkan dengan dimulai melalui Rapat Pleno Partai dan natinya bersiap untuk bekerjasama secara strategis dengan Presidium Majelis Rakyat Indonesia untuk menggoalkan Fraksi Rakyat ini,” kata Yudi dalam keterangannya, Rabu (20/4).

Meski begitu, Partai Golkar menyampaikan bahwa agenda ini kemungkinan akan diperjuangkan setelah selesai Pemilu 2024 ketika Partai Golkar kembali ke Parlemen di DPR dan MPR periode berikutnya.


Hal ini juga untuk mewujudkan Fraksi Rakyat berwujud Badan Partisipasi Warga ini memerlukan Amandemen Konstitusi.

Sementara dalam situasi saat ini, kata dia, jika diadakannya Amandemen Konstitusi berpotensi menjadi melebar ke arah Politik Penambahan masa Jabatan 3 Periode Presiden.

Namun perpanjangan masa Jabatan Presiden telah ditolak mayoritas anggota MPR.

“Namun begitu, agenda untuk menghidupkan Fraksi Rakyat sebagai pengganti Utusan Golongan yang demokratis sangat diperlukan. Sementara dari kami, Presidium Majelis Rakyat Indonesia selalu siap untuk ditetapkan sebelum atau sesudah Pemilu 2024,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, jika Partai Golkar benar-benar berjuang bersama untuk membentuk Kamar Baru di MPR.

Ini juga tentu akan menjadi kekuatan Partai Golkar yang dampaknya adalah berpotensi menjadi Partai Mayoritas di DPR dengan perolehan kursi terbanyak.

“Saya pikir, kemenangan Partai Golkar menjadi Partai Politik nomor urutan 1 di Parlemen. Oleh karena itu, kami tetap berharap komitmen Partai Golkar untuk mewujudkan Golkar bersama Rakyat, sekaligus Suara Rakyat Suara Golkar,” ujarnya.

Namun dari Presidium Majelis Rakyat Indonesia juga siap, jika untuk mempersiapkan Fraksi Rakyat ini dilakukan melalui proses Non Amandemen, semisal dengan diterbitkannya Keputusan Presiden untuk membentuk Komite Fraksi Rakyat.

“Kami juga mempersiapkan Fraksi Rakyat ini dilakukan melalui proses Non Amandemen,” ujarnya. (muf/pojoksatu)