TNI Turun Tangan Usut TKA China Pakai Seragam Loreng Militer di Aceh, Hasilnya Mengejutkan

Video TKA Tiongkok di Meulaboh, Aceh, pakai seragam militer. Foto: Antara

POJOKSATU.id, ACEH— Pihak TNI turun tangan mengusut video viral yang memperlihatkan seorang TKA asal China mengenakan seragam loreng ala militer di Nagan Raya, Aceh. Hasilnya cukup mengejutkan.

Lokasi WNA asal China mengenakan seragam loreng militer disebut berada di PLTU Nagan Raya.

Pihak TNI dalam hal ini Kodim 0116/Nagan Raya turun tangan turut mengusut video Warga Negara Asing (WNA) asal China tersebut yang mengenakan seragam loreng militer.

“Pakaian buruh kasar di negaranya seperti itu, dan kita sudah cek di Imigrasi bahwa yang bersangkutan adalah sebagai buruh di sini,” kata Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Tony Setyo Widodo, Senin (18/4/2022).


Letkol Tony menyebut pihaknya sudah mengecek ke tempat WNA asal China itu bekerja yakni di PLTU Nagan Raya.

Dia juga diperlihatkan foto-foto pakaian buruh kasar di China yang mirip dengan yang dikenakan pria di video viral dimaksud.

Menurut Letkol Tony, saat direkam, WN China itu sedang ditugaskan di pintu keluar untuk mencatat rekan TKA senegaranya yang meninggalkan tempat kerja.

Di lokasi itu juga ada petugas keamanan lainnya.

“Dia mengecek pihak internal yang keluar masuk. Dia dipakai di sana karena anggota pengamanan tidak bisa bahasa China. Jadi dia mengecek, misalnya ada yang keluar lokasi itu mau ke mana,” jelas Letkol Tony.

Pihak TNI mengaku sudah meminta pihak PLTU Nagan Raya mengimbau TKA China agar tak lagi mengenakan seragam loreng militer seperti itu.

Tony menyebut pihak perusahaan juga sudah meminta maaf terkait hal tersebut. (ral/pojoksatu)