Mahfud MD Klarifikasi Berita yang Kritik Amien Rais

Menko Polhukam Mahfud MD.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD memprotes berita yang berisi kritikan kepada Amien Rais.

Mahfud MD menyebut berita kritikan kepada Amien Rais yang dimuat di beberapa media online dimanipulasi waktunya seakan baru terjadi.

Padahal, kata Mahfud, kritikan itu dia sampaikan beberapa tahun lalu.

“Perlu penguatan etika media. Berita ini salah. Ini berita beberapa tahun lalu tapi dibilang kemarin oleh Fajar Timur Network,” tulis Mahfud MD melalui akun twitternya @mohmahfudmd, Selasa (19/4/2022).


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku sudah lama tidak membicarakan Amien Rais.

“Sudah lama saya tak ngomong soal Pak Amien. Ngapain juga. Ini media kompor,” kata Mahfud.

Mahfud mengkategorikan berita tersebut sebagai berita bohong karena waktunya dimanipulasi.

“Maaf ini yang nulis bohong, berita sudah beberapa tahun, dimanipulasi waktunya seakan baru terjadi, adalah Fajar Indonesia Network (Bukan Fajar Timur Network). Selain itu ada juga yang menulis berita yang senada seperti ‘jitunews’ dan ‘pojoknews’. Kepada babe harus hati-hati menyaring berita,” jelas Mahfud.

Mahfud menyebutkan 7 media online yang membuat berita tersebut, yakni pojoksatu, suara.com, Fajar.co.id, Radar Papua, jitunews.com, warta ekonomi.co.id, dan FIN Indonesia.

Berita kritikan Mahfud dimuat di Pojoksatu.id pada Selasa (19/4). Berita itu dikutip dari Fajar.co.id (jaringan pojoksatu.id).

Fajar.co.id mengutip pernyataan Mahfud dari sebuah video wawancara yang tersebar di media sosial.

Video itu bersumber dari YouTube Detik.com yang berjudul: Mahfud MD Bicara Sosok Amien Rais Dulu dan Sekarang. Video itu diunggah pada 2 Juni 2018.

Atas dasar itu, redaksi Pojoksatu.id menyampaikan permohonan maaf kepada Mahfud MD dan publik. (one/pojoksatu)