Natalius Pigai Minta DPR Panggil Luhut Panjaitan, Kok LBP Urus Kementerian Desa, Tanya Tupoksinya Apa?

Natalius Pigai (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Aktivis HAM Natalius Pigai meminta DPR RI memanggil Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (LBP) soal kehadirannya di acara Silaturahmi Nasional Apdesi 2022 di Istora Senayan, Jakarta.


Natalius Pigai mempertanyakan kehadiran Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP) di acara yang digelar pada Selasa (30/3/2022) tersebut.

Natalius Pigai mempertanyakan mengapa Luhut Panjaitan bisa datang di acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tersebut.


“Kementerian Desa itu urusan Menko apa? Serius! DPR RI wajib panggil Pak Luhut tanya tupoksinya apa?,” jelas mantan komisioner Komnas HAM ini dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3/2022).

“Atau kalau LBP tidak tahu beritahu beliau? Kok LBP urus Kementerian Desa? Bukannya urusan PMK dan Presiden atau Wapres,” ucapnya lagi.

Menurut dia, masalah Apdesi di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, yang tidak berada di bawah langsung Kementerian Koordinator (Kemenko) Marves.

Natalius Pigai pun mempertanyakan kapasitas Luhut di acara itu.

Pigai menyebut, Kementerian Desa berada di bawah tanggung jawab Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Pun dengan Kemendagri berada di bawah koordinasi Kemenko Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD.

Dia pun menggugat Jokowi yang membiarkan Luhut ikut hadir di acara yang bukan termasuk tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Kemenko Marves.

“Gimana itu namanya etika pemerintah dan birokrasi?” kata Natalius Pigai.

Dalam acara tersebut, sempat terlontar dukungan dari kepala desa yang menginginkan agar Presiden Jokowi menjabat tiga periode. (ral/pojoksatu)