Ekonomi Indonesia Selamat Berkat Andil SBY, Bukan Karena Kinerja Jokowi, Politisi Senior Ini Yang Ngomong

Mantan Presiden SBY (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang selamat dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 disebut karena andil mantan Presiden SBY dan bukan karena kebijakan Presiden Jokowi.


Kondisi ekonomi Indonesia saat ini bisa selamat dari keterpurukan diklaim bukan berkat kinerja Presiden Jokowi, melainkan karena era pemerintahan sebelumnya yaitu Presiden SBY.

Menurut Arief Poyuono, Indonesia bisa bertahan dari keterpurukan akibat kebijakan ekonomi era Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


“Kalau mau jujur dan pakai fakta, hari ini ekonomi Indonesia bisa selamat itu akibat kebijakan Pak SBY,” kata Arief Poyuono kepada redaksi, Jumat (18/3).

Arief Poyuono ini merupakan mantan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Arief Poyuono juga merupakan Ketua Umum Lembaga Pemantau Penanganan Covid-19 & Pemulihan Ekonomi Nasional (LPPC19-PEN).

Dikatakan Poyuono, salah satu kebijakan SBY yang menyelamatkan ekonomi Indonesia hari ini adalah ekspor batubara dan CPO kelapa sawit.

“Pertumbuhan ekonomi hari ini juga akibat pembukaan lahan sawit besar-besaran, pemberian IUP batubara di era Pak SBY,” lanjut Poyuono.

“Jadi SBY-lah penyelamat ekonomi nasional kita hari ini yang terkapar akibat dampak Covid-19,” sambung Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu ini.

Namun tak hanya dampak kepada ekonomi Indonesia, kebijakan era Presiden SBY juga turut berdampak positif bagi para politisi sekaligus pemilik kebun sawit berskala besar di Tanah Air.

Meski Arief Poyuono tidak menyebutkan siapa saja politisi yang dimaksud.

“Para politisi yang punya kebun sawit luas dan lahan batubara yang besar itu dulu mengekor pada SBY, hari ini menikmati hasilnya,” katanya. (ral/rmol/pojoksatu)