Bocah 11 Tahun Asal Babelan Bekasi Berbobot 126 Kg, Usia 3 Bulan Pernah Alami Gizi Buruk

Bocah 11 tahun asal Bekasi dengan bobot 126 kg (ist)

POJOKSATU.id, BEKASI – Bocah 11 tahun asal Babelan Bekasi memiliki bobot 126 kg. Dulu bocah ini mengalami gizi buruk di usia 3 bulan. Berat badannya tak terkontrol semenjak masuk SD.

Bocah ini bernama Rafka Adi Putra dan mulai kelebihan bobot berat badan pada umur 8 tahun.

Kakak Rafka, Saidah bercerita dulunya Rafka pernah menyandang gizi buruk pada umur 3 bulan.

“Waktu dia baru lahir normal ya 4,2 kg, pas 3 bulanan menyusut sampai pernah 1,5 kg, kalau usia 3 bulan 1 kg setengah itu hitungannya kurang gizi, dia mulai kelebihan berat badan dia waktu masuk sekolah,” ujar Saidah, Senin (14/3/2022).


Menurutnya, berat badan Rafka setiap tahun selalu bertambah.

Saat umur 7 tahun itu sekitar 35 kg, 8 tahun sekitar 40-45 kg. Dan akhir 2021 lalu berat badannya mencapai 95 kg. Dan sejak Januari 2022 lalu mengalami kenaikan drastis hingga mencapai 126 kg.

Puncaknya saat awal tahun 2022 ini atau sekitar dua bulan lalu, berat badan Rafka mencapai 126 kg.

“Paling drastis itu awal 2022 ini, 3 bulan ini dari 95 kiloan sampai ke 126 kg cepet banget naiknya,” ucapnya lagi.

Karena hal itu, keluarga akhirnya melaporkan Rafka ke puskesmas untuk ditangani. Perwakilan puskesmas datang pada hari Kamis (10/3) dan membawa Rafka ke RSUD pada Jumat (11/3).

Namun karena ketakutan, Rafka sempat mengamuk di rumah sakit. Pihak keluarga akhirnya membawa kembali Rafka pulang ke rumah.

“Dia ngamuk-ngamuk di rumah sakit, makannya dari pihak keluarga nanya ke dokter ini gimana, dokter juga sendiri liat ngamuk-ngamuk di rumah sakit nggak mau dirawat, dari pihak rumah sakit menyerahkan ke keluarga, terus dari kami keluarga kita bawa pulang dulu,”  katanya dilansir detikcom.

Dokter memberi pantangan kepada keluarga untuk mengurangi porsi makan Rafka. Selain itu Rafka dianjurkan untuk memakan buah-buahan. (ral/pojoksatu)