Presiden Jokowi Berangkat Menuju Ritual IKN Nusantara, Roy Suryo Ingatkan Soal Ritual Esemka

Presiden Jokowi berangkat menuju IKN Nusantara untuk menjalankan kegiatan salah satunya ritual kendi Nusantara (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Presiden Jokowi berangkat menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Minggu (13/3) salah satunya akan menggelar ritual kendi Nusantara.

Presiden Jokowi berangkat dari Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto Minggu siang ini menggunakan Pesawat Kepresidenan RI 1.

“Saya bersama Ibu Negara bertolak menuju Balikpapan, Kalimantan Timur,” unggah Jokowi di akun Twitter @jokowi, Minggu (13/3).

“Besok, jika tak ada aral melintang, saya akan menuju Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara dan bermalam di lokasi itu,” kata Jokowi lagi.


Ritual Esemka oleh Jokowi (Twitter Roy Suryo)

Sementara itu, menanggapi ritual kendi Nusantara yang digelar Jokowi bersama 33 gubernur di Indonesia, Roy Suryo malah memposting beberapa foto ritual yang dijalankan Jokowi soal mobil Esemka.

Roy Suryo menyinggung soal ritual khusus yang akan dilakukan Presiden Jokowi di Ibukota Negara (IKN), Kalimantan Timur.

Roy menyebut semua ritual boleh dilakukan, asalkan diiringi doa dan niat tulus.

Menurut Roy Suryo hal itu agar kelak nasib IKN tidak serupa dengan Esemka.

“Melakukan tradisi ritual di era Society 5.0 atau Metaverse sebagai Penghormatan Akar Budaya Adiluhung Nusantara sih boleh-boleh saja,” kata Roy dalam cuitan pada akun Twitternya dikutip Minggu (13/1).

“Namun harus dilandasi Niat Tulus, Kejujuran, Usaha Keras dan Jangan lupa tetap Berdoa kepada Tuhan YME, Allah SWT, agar tidak berujung seperti ESEMKA …AMBYAR,” kata Roy lagi dalam cuitannya.

Roy juga menambahkan empat foto dalam cuitannya ini. Foto yang berisi ritual Jokowi berkaitan dengan mobil Esemka.

Diketahui, ritual yang akan dilakukan Jokowi dilakukan bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Kemudian mereka berencana menggelar ritual ‘Kendi Nusantara’.

Pada ritual ini selain diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal.

Air dan tanah itu kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Jokowi direncanakan berkemah dan menginap di itik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Senin, 14 Maret 2022.

Sebanyak 33 gubernur dijadwalkan hadir ke lokasi berkemah tersebut.

“Tapi hanya lima gubernur yang ikut menginap bersama Presiden, berkemah di lokasi titik nol IKN Nusantara,” ujar Kabiro Administrasi Pimpinan Sekda Kaltim Syafranuddin dalam keterangan resmi, Sabtu (12/3).

Lima gubernur yang berkemah dan menginap bersama Presiden Jokowi di titik nol IKN Nusantara adalah Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam kegiatan kemah itu, Presiden Jokowi akan melakukan ritual Kendi Nusantara bersama 33 gubernur se-Indonesia.

Para gubernur sebelumnya sudah diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal.

Tanah dan air dari 33 gubernur itu kemudian disatukan dalam Kendi Nusantara yang disimpan di titik nol IKN Indonesia baru bernama Nusantara tersebut. (ral/pojoksatu)