Sumur Minyak Pengeboran Ilegal Meledak di Aceh Utara, Tewaskan Satu Pekerja, Dua Luka Berat

Kebakaran Ilustrasi : Pixabay

POJOKSATU.id, ACEH- Polres Aceh Timur menyelidiki ledakan disertai kebakaran sumur minyak yang menewaskan seorang pekerja di Desa Mata Ie, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

“Saat ini, sumur minyak yang terbakar dan area di sekitarnya telah diamankan dengan memasang garis polisi,” kata Kapolres Aceh Timur AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat di Aceh Timur, Sabtu 12 Maret 2022.

AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat mengatakan saat ini di sekitar sumur digenangi digenangi tumpahan minyak.

“Kami mengimbau masyarakat menjauh dari sumber api untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.


Kapolres menegaskan kejadian seperti itu tidak boleh terulang dan harus dilakukan penyelidikan secara mendalam.

“Karena ini adalah sumur pengeboran ilegal yang tidak mengacu kaidah standar pengeboran migas, maka integritas sumurnya tidak bisa diandalkan. Dengan peristiwa ini, mari kita berpikir dua kali untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan ilegal dan berisiko tinggi,” kata AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat.

Diberitakan sebelumnya, Tiga korban ledakan disertai kebakaran sumur minyak yang dikelola secara tradisional di Kabupaten Aceh Timur meninggal dunia setelah sempat dievakuasi ke rumah sakit.

“Ada tiga korban mengalami luka bakar. Ketiganya dirujuk ke rumah sakit di Banda Aceh, tetapi dalam perjalanan seorang di antaranya pasien meninggal dunia,” kata Direktur RSUD Sultan Abdul Azis Syah Peureulak Reza Fazri di Aceh Timur, Sabtu 12 Maret 2022.

(dhe/pojoksatu/ant)