Dampak Gempa Magnitudo 6,2 Sumbar, Masjid Roboh dan Ratusan Rumah Hancur di Nagari Kajai Pasaman Barat

Satu masjid roboh dan rata dengan tanah akibat gempa 6,2 di Pasaman Barat Sumbar (ist)

POJOKSATU.id, PASAMAN— Satu masjid roboh dan ratusan rumah hancur atau rusak dampak gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Pasaman Barat, Sumbar, Jumat pagi.

Dari video yang beredar di media sosial, terlihat satu masjid di Nagari Kajai, Pasaman Barat, roboh dan rata dengan tanah.

Ratusan rumah di Nagari Kajai juga dilaporkan rusak parah dan rusak ringan.

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim ke lokasi terdampak gempa di wilayah Pasaman Baratr, tepatnya di Nagari Kajai Kecamatan Talamau.


Baca Juga:

Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Pasaman Barat Sumbar, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Menurutnya, laporan sementara di wilayah itu terdapat lebih dari 100 rumah yang rusak berat, sedang dan ringan akibat gempa bumi magnitudo 6,2 yang terjadi Jumat pagi.

“Hingga saat ini kami baru menerima satu laporan yakni dari daerah Nagari Kajai Kecamatan Talamau. Laporan sementara, disana ada lebih dari seratus rumah yang rusak,” ucap Hamsuardi dalam satu wawancara media, Jumat (25/2).

Sementara terkait dengan korban jiwa, Hasuardi mengatakan, laporan sementara tidak ada korban jiwa, namun ada korban yang menderita luka-lika.

“Detilnya kami belum merima laporan, karena tim masih melakukan pendataan di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu Idenvi Susanto, warga Nagari Kajai mengatakan, ratusan rumah rusak, namun yang parah sekitar 20 unit rumah mengalami rusak berat di Nagari Kajai.

“Selain itu juga terpantau 1 unit masjid datar dengan tanah, di Kecamatan Talamau,” katanya.

Ia menegaskan, pihaknya telah menyiapkan segala kebutuhan bagi warga masyarakat yang rumahnya rusak akibat gempa, seperti tenda darurat, pembangunan posko, dapur umum dan lain sebagainaya. (ral/pojoksatu)