Ibu Kota Negara Pindah, Wakapolri: Persiapan Pemindahan Personel Sudah Disiapkan, tapi…

Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Foto net

POJOKSATU.id, JAKARTA-  Mabes Polri sudah mulai mempersiapkan segala hal perihal pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Salah satu yang akan dipersiapkan yakni pemindahan personel ke Ibu Kota baru tersebut.

Demikian disampaikan Wakapolri, Gatot Eddy Pramono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (3/2/2022).

“Soal IKN, persiapan (pemindahan personel) itu kita masih menunggu dulu dari Pak Kapolri,” kata Gatot.


Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga belum membeberkan kepastian kapan personel ikut pindah ke Nusantara guna untuk menjamin keamanan pemerintah.

“Persiapan iya, tapi kita masih menunggu,” ujarnya.

Diketahui, dalam Sidang Paripurna DPR RI secara resmi menyetujui Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Undang-Undang (UU) IKN.

Dengan disahkannya RUU tersebut, maka rencana pemindahan ibu kota ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bakal menjadi kenyataan.

Dalam sidang itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa menuturkan, persiapan RUU IKN ini telah melalui proses konsultasi dan rapat dengar pendapat (RDP) dengan berbagai pihak.

“Karena itu dalam pembahasan yang dilakukan pemerintah beserta DPR dan DPD sepakat bahwa perencanaan dan pembangunan Ibu Kota yang baru harus dapat menjawab tantangan jangka panjang Indonesia,” kata Suharso.

(fir/pojoksatu)