Masyarakat dan Petani Penggarap Desa Batulawang Jengah Banyak Spekulan Tanah

Warga dan petani penggarap lahan HGU PT MPM di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Mereka selama ini sudah bermitra untuk menggarap lahan HGU tersebut.

POJOKSATU.id, CIANJUR – Warga dan petani penggarap di Kampung Ciseureuh, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sudah jengah.


Pasalnya, banyak spekulan tanah berkeliaran dan melakukan provokasi serta bujuk rayu agar mau menjual tanah garapannya.

Padahal, tanah garapan itu merupakan lahan HGU PT Maskapai Perkebunan Moelia (MPM) yang diberikan kepada masyarakat untuk digarap.


“Itu modusnya. Jadi banyak investor gelap kena tipu spekulan tanah,” ungkap tokoh masyarakat setempat, Habib Abdul Karim Al Mutahar (46), Jumat (28/1/2022),

Habib Karim menyebut, sudah banyak investor tertipu hingga mengeluarkan uang miliaran rupiah karena tak tahu status tanah tersebut.

“Bagaimana mungkin mereka bisa dapat sertifikat, sementara itu tanah HGU PT MPM,” jelasnya.

Ia menjelaskan, warga dan petani penggarap di wilayah tersebut tergabung dalam wadah Warga Kampung Asli Sini (Warkamsi).

Akhirnya, para spekulan tanah itu disebut Habib Karim dituntut mengembalikan uang yang sudah diserahkan para korban yang terlanjur mengeluarkan uang.

“Karena terdesak, mereka menggunakan petani pengarap jadi tameng. Ada juga LSM yang enggak tahu apa-apa ikut ikutan,” kata Habib Karim.

Karena itu, Habib Karim meminta agar aksi memperjualbelikan tanah garapan PT MPM itu dihentikan.