Diduga Banyak Masalah, Sesjen dan Setjen MPR Harus Dibenahi

Gedung DPR RI
Gedung DPR RI

POJOKSATU.id, JAKARTA- Forum Masyarakat Pemerhati Kebijakan Publik (FMPKP) mendesak agar ketua dan pimpinan MPR RI lainnya mengganti Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR dan membenahi struktural serta administrasi di lingkungan tersebut.


Pasalnya ada temuan dugaan Kolusi Korupsi Nepotisme (KKN) di lingkungan Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (Setjen MPR RI).

Hal itu disampaikan, Ketua FMPKP Wisnu Haryanto kepada awak media di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (26/1/2022).


Ia mengatakan, MPR RI harus bersih dari praktek-praktek KKN, hal itu seperti yang telah diatur di dalam Undang Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara harus Bebas dan Bersih dari KKN.

“Kami menduga, saat ini MPR RI hanya dijadikan sarana untuk menciptakan kesejahteraan kelompok dan golongan tertentu. Apalagi Sesjen MPR RI mempunyai tugas menyelenggarakan dukungan administratif, keahlian, dan teknis serta pembinaan terhadap seluruh unsur dalam lingkungan Sekretariat Jenderal MPR RI,” kata Wisnu.

Wisnu menilai, Sesjen MPR RI saat ini juga sudah terlalu lama menjabat sehingga diperlukan penyegaran.

Karena saat ini ada indikasi dengan keberadaan Sesjen orang-orang yang tak sepemahaman dengannya disingkirkan.

Belum lagi, kata dia, adanya permasalahan lain yang diduga adanya oknum yang mengatur sejumlah kegiatan dan mendapatkan fasilitas lebih di lingkungan Setjen MPR RI.

“Untuk itu kami mendesak agar Ketua MPR RI Bapak Bambang Soesatyo untuk lebih fokus dan tegas mengawasi lembaga yang saat ini dipimpinnya,” ujarnya.

Karena itu Wisnu mendesak ketua dan pimpinan MPR RI lainnya agar segera mengganti Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI serta membenahi struktural dan administrasi di lingkungan tersebut

“Kami mendesak agar pimpinan MPR RI lainnya mengganti Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI. Jangan sampai Lembaga yang kita cintai ini rusak akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya.

(fir/pojoksatu)