Puluhan Pohon Tumbang Pasca Angin Kencang di Bogor, Belasan Kendaraan Rusak Parah

Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Dadali, Tanah Sereal, Kota Bogor akibat hujan deras dan angin kencang, Senin (24/1/2022). Foto: Adi/PojokBogor.com

POJOKSATU.id, BOGOR- Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Bogor, Jawa Barat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendata puluhan pohon tumbang yang terjadi di sejumlah titik jalan saat hujan deras dengan disertai angin kencang sejak pukul 14.05 hingga sekitar 15.30 WIB.


“Banyak sekali pohon tumbang, puluhan tapi kami masih mendata, belum ada angka,” Kepala Bidang Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Disperumkim Kota Bogor Irfan Zacky saat ditemui Antar di lokasi pohon tumbang Jalan Dadali, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Tanah Sareal, Senin 24 Januari 2022 sore.

Menurut Ifran sedikitnya, pohon tumbang terjadi di Jalan Dadali, Heulang, Ahmad Yani Ciun, Yasmin Kedung Halang, Cibungbulang, dan Jalan Kesehatan.

Pantauan di lokasi, Irfan ikut memotong dahan pohon yang tumbang di Jalan Dadali dan Jalan Ciung, serta ikut memindahkannya ke pinggir.


Kendaraan yang sempat mengalami kemacetan pun kini telah terurai melintas dengan lancar.

Nampak sejumlah gundukan dahan pohon yang telah dipotong-potong di sepanjang Jalan Dadali.

Truk pengangkut pun mulai didatangkan untuk mengangkut batang pohon yang besar di Jalan Ciung.

Menurut Ifran, sejauh ini baru terdata dua mobil yang tertimpa dahan pohon di bagian depan, yakni di Jalan Dadali.

Mobil kini telah meninggalkan lokasi untuk mendapatkan asuransi kecelakaan akibat tertimpa pohon.

“Angkanya nanti ada tim verifikasi kerusakan yang dialami oleh kendaraan, tapi itu masuk kategori kerusakan ringan,” ujarnya.

Irfan juga menyebutkan pohon besar yang ada di Jalan Yasmin, Kota Bogor juga tumbang menutup akses jalan hingga sempat menyebabkan kemacetan panjang dari arah Dramaga menuju Tol Lingkar Luar dan arah sebaliknya.

Sementara itu, reklame sepanjang 20 meter, lebar 5 meter dengan tebal sekitar 1 meter di sekitar ruko Simpang BORR, Cibuluh, Kota Bogor roboh menimpa sebanyak 30 unit motor yang terparkir sekitar pukul 14.30 WIB.

Menurut Anggota Polsek Bogor Utara, Aiptu Sunarto dalam kejadian itu sebanyak 20 unit motor di antaranya rusak berat dan 10 unit motor lain rusak ringan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.

(dhe/pojoksatu/ant)