Arteria Dahlan yang Berulah, Megawati dan Jokowi harus Minta Maaf atau PDIP Tanggung Akibatnya di 2024

Arteria Dahlan memberikan klarifikasi kepada Ketua DPP PDIP Komarudin Watubun dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, terkait pernyataan yang menyinggung bahasa Sunda. Foto PDIP

“Berat sekali untuk PDIP. Segera diredam agar tak melebar dan dipakai kampanye menuju 2024. Segera rebut hati masyarakat Sunda yang amat mudah memaafkan ini,” saran Prof Asep.


Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan pihaknya mendesak DPP PDIP memberikan sanksi tegas kepada Arteria Dahlan.

Desakan itu dituangkan dalam surat yang dikirimkan ke DPP PDIP pada Kamis (20/1/2022) pagi.


“Sesuai dengan kode etik PDIP Perjuangan ada sanksi ringan, sedang, dan berat, dari mulai teguran sampai dengan pemecatan. Kita tunggu ya proses yang dilakukan oleh DPP partai,” kata Ono Surono.

Ia mengatakan dalam sebuah kesempatan rapat yang diperluas pun, DPP PDIP sudah menyatakan hal yang dilakukan Arteria Dahlan sangat tidak pantas diucapkan oleh seorang kader PDI Perjuangan.

Dari kemarin pun, katanya, banyak kader PDI Perjuangan di Jabar yang menyampaikan hal serupa.

Ia mengatakan ideologi Pancasila bagi PDI Perjuangan bukan hanya dalam tekstual, tapi diwajibkan untuk membumikan Pancasila, salah satunya harus mengagungkan seluruh suku, budaya, agama, dan ras yang ada di Indonesia.