Epilepsi Kumat, Penyebab Kecelakaan Beruntun di Bogor, Kok Bisa Lulus Tes SIM yaa?

Kecelakaan beruntun di kawasan Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Foto: Adi/PojokBogor.com

POJOKSATU.id, BOGOR- Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Sudirman, Air Mancur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada selasa (18/01/2022) pagi tadi.


Diketahui, penyebab terjadinya kecelakaan beruntun di jalan tersebut karena ada salah satu pengendara yang mengalami epilepsi.

Pernyataannya, kok bisa pengendara yang mempunyai penyakit kambuhan bisa mengendari mobil dan mempunyai surat Izin mengemudi (SIM).

Sesuai Undang Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009 memang tertulis jelas pda pasal 81 ayat (4) mengenai persyaratan penerbitan SIM adalah kesehatan, baik jasmani maupun rohani.


Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria mengatakan akan mengecek terlebih dahulu apakah pengendara memiliki histori kesehatan, epilepsi, terganggu, dan lain sebagainya.

“Kami juga akan cek, dia sendiri mempunya SIM,” katanya kepada wartawan.

Selanjutnya, masih kata galih, pihaknya mengklasifikasi bahwa sejauh ini kondisi ada dua orang luka ringan.

“Ada memang beberapa benturan darah di lutut juga ada jatoh di kepala. Kita masih lihat pekembangan medisnya. Apakah dia bisa pulang 2-3 hari mendatang, atau ada fungsi organ lain yang terganggu,” ucapnya.

Galih Apria menjelaskan peristiwa kecelakaan tersebut terjadi saat Kendaraan Suzuki Ertiga nomor polisi F-1622-LX melaju dari arah Simpang denpom melalui Jalan Sudirman menuju ke arah Air Mancur.

Ketika melintas Jalan Sudirman tepatnya di RM Padang Yasmin Raya Bogor Tengah Kota Bogor diduga pengemudi kendaraan Suzuki Ertiga nomor polisi F-1622-LX mengalami kambuh kejang epilepsi

“Sehingga tidak sadarkan diri dan hilang kendali, oleng ke kanan dan menabrak Kendaraan Daihatsu Xenia nomor Pol B 1967 URW kemudian menabrak kendaraan sepeda motor honda beat nomor polisi F-4794-DQ dan Kendaraan sepeda motor honda supra-X 125 nomor polisi F- 5445- JU selanjutnya terhenti setelah menabrak kendaraan toyota Avanza nomor Pol F 1446 CZ yang sedang parkir dibadan jalan,” tukasnya.

(adi/pojoksatu)