Luhut Panjaitan Beberkan Angka Terbaru Varian Omicron, Kasus Transmisi Lokal Sudah Lebih Tinggi

Luhut Panjaitan (jpc)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Luhut Panjaitan menyebut kenaikan kasus yang diakibatkan transmisi lokal varian Omicron, sudah lebih tinggi dari transmisi yang disebabkan para pelaku perjalanan luar negeri.


Begitu disampaikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, saat menyampaikan update penanganan pandemi Covid-19 secara virtual, Minggu sore (16/1).

Pemerintah, kata Luhut, menyadari cepat atau lambat, akan terjadi peningkatan kasus seperti yang terjadi pada Sabtu (15/1), di mana telah menyentuh angka 1.054 kasus per hari.

Angka tersebut juga pernah dicapai yang terjadi pada 14 Oktober 2021 lalu. Namun pada hari ini, kembali turun menjadi 855 kasus.


“Dari data tersebut kasus transmisi lokal sudah lebih tinggi dari kasus transmisi yang disebabkan oleh para pelaku perjalanan luar negeri,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Minggu petang (16/1).

Pada kenaikan kasus per hari ini, didominasi oleh wilayah Jawa dan Bali, terutama di Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. Di mana, DKI Jakarta menyumbang penambahan kasus sebanyak 566 kasus.

Selanjutnya disusul oleh Provinsi Jawa Barat sebanyak 87 kasus, dan Banten sebanyak 77 kasus.

“Dan kenaikan kasus di Jawa Bali juga terlihat pada Provinsi Jawa Barat dan Banten, hal tersebut didorong oleh wilayah mereka yang masuk dalam bagian Aglomerasi Jabodetabek,” kata Luhut Panjaitan. (ral/rmol/pojoksatu)