Pasca Gempa, Dua Kabupaten di Banten Alami Kerusakan Paling Parah, Tiga Sekolah Hancur

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pasca diguncang gempa bumi 6,7 SR di Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat sore (14/1). Ada ada 2 kabupaten yang terdampak Gempa paling parah yakni Kabupaten Pandeglang dan Lebak.


Dari dampak gempa tersebut, tercatat ada 54 rumah warga yang mengalami kerusakan paling parah di Pandeglang dan 40 unit rumah ysng rusak di Kabupaten Lebak Banten.

Rumah yang rusak tersebut engan rincian, 8 unit di Cimanggu, 1 unit di Mandalawangi, 3 unit di Angsana, 8 unit di Sumur, 5 unit di Saketi, 3 unit di Jiput, 1 unit di Banjar, 1 unit di Cigeulis, 3 unit di Picung, 4 unit di Patia, 4 unit di Panimbang, 2 unit di Pulosari, 1 unit di Labuan, 1 unit di Carita, 4 unit di Munjul dan 5 unit di Pagelaran.

Kemudian 3 unit sekolah alami kerusakan yakni MTS Negeri 3 Cibaliung, Madrasah Cibereum, SMP Sumur. Selanjutnya 2 unit mushola alami kerusakan yaitu 1 unit di Cikeusik, 1 unit di Bojong, 1 unit puskesmas alami kerusakan di Sumur .


Kemudian 40 unit rumah alami kerusakan parah di Kabupaten Lebak Banten. Tim pun selanjutkan membantu warga yang mengalami musibah dan seluruh PJU agar turun ke Polres Lebak dan Polres Pandeglang untuk pastikan kehadiran personel ada di tengah masyarakat.

“Dampak gempa di Kabupaten Pandeglang per 19.30 WIB yang telah didata oleh personel Polsek jajaran adalah 54 unit rumah alami kerusakan dan 40 unit rumah di Lebak Bantem,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dalam keterangannya, Sabtu (15/1/2022).

Guncangan gempa yang berpusat di 7.21 LS dan 105.05 BT pada kedalaman 40 kilometer itu dirasakan kuat selama 2-4 detik di 11 lokasi di wilayah barat Pulau Jawa dan Selatan Pulau Sumatera.

Guncangan itu membuat masyarakat berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri dari hal yang tidak diinginkan.

Adapun rinciannya meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten. Kemudian Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok di Jawa Barat.

Selanjutnya adalah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Lampung Barat.

(fir/pojoksatu)