Hadapi Teroris KKB Papua, Soft Approach Diutamakan Polisi, Nemangkawi Malah Diubah Jadi Damai Cartenz

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

POJOKSATU.id, JAKARTA— Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengganti nama operasi perburuan teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua dari Satgas Nemangkawi menjadi Satgas Damai Cartenz.

“Iya betul menjadi Damai Cartenz. Pendekan soft approach diutamakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (11/1).

Menurut Irjen Dedi, operasi Damai Cartenz berlangsung selama enam bulan dimulai dari 25 Januari 2022 bertepatan berakhirnya Satgas Nemangkawi.

Nantinya, akan dilakukan dengan cara bertindak persuasif dan preventif dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain.


Sementara itu, Jurubicara Divisi Humas Polri Kombes Hendra Rochmawan menjelaskan Polri belum menentukan pola operasi dari KKB di Papua yang semula bernama Operasi Nemangkawi menjadi Operasi Damai Cartenz.

“Rencana operasinya sementara ini masih belum kita dapatkan dari SOP. Jika sudah ada nanti kita akan sampaikan,” kata Kombes Hendra Rochmawan kepada wartawan.

Kombes Hendra mengatakan, pihaknya masih akan menyusun rangkaian pola operasi Danai Cartenz secara rinci.(ral/rmol/pojoksatu)