Pendiri NII Crisis Centre Sebut Penahanan Habib Bahar tepat, Isi Ceramahnya Bahas Kelamin Perempuan Dibumbui Seksualitas

Pendiri Negara Islam Indonesia (NII) Crisis Center Ken Setiawan. Foto: Dok pribadi

“Sadar atau tidak, karakter dan perilaku Bahar itu telah menurunkan marwah seorang habib. Ceramahnya cuma membahas kebencian,” ucapnya.

Untuk diketahui, Polda Jawa Barat telah menetapkan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong.

BACA: Habib Bahar Ditahan, Pengacara Beberkan Kejanggalan: Innalillahi wa Innailaihi Rajiun

Bahar jadi tersangka usai menjalani pemeriksaan.


Penetapan tersangka terhadap Habib Bahar sendiri dinyatakan telah sesuai dengan hasil pemeriksaan, ditambah dengan dua alat bukti yang sah yang di dapat oleh penyidik Polda Jabar.

Bahar diperiksa berkaitan dengan laporan yang awalnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021.

“Penahanan tentunya penyidik memiliki alasan subjektif dan objektif,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (3/1/2022).

Adapun alasan subjektif yang diambil penyidik lantaran dikhawatirkan Bahar melarikan diri dan mengulangi perbuatannya. Termasuk menghilangkan barang bukti.