Serasa Cepat, Gelar Perkara Sudah Rampung, Pengunggah Video Ceramah Habib Bahar di Margaasih Ikut Diperiksa

Video ceramah Habib Bahar Smith di Kabupaten Garut yang dianggap menghina KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

POJOKSATU.id, BANDUNG— Pengunggah video ceramah Habib Bahar di Margaasih Bandung ikut diperiksa Polda Jabar soal dugaan ujaran kebencian Habib Bahar bin Smith.

Serasa cepat dilakukan, gelar perkara kasus ini sudah rampung dan pengunggah video ceramah Habib Bahar di Margaasih Bandung ini akan ikut diperiksa polisi.

Kepastian pemeriksaan pengunggah video dugaan ujaran kebencian Habib Bahar bin Smith disampaikan oleh Dirreskrimsus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Minggu (2/1).

“Sesuai dengan perkembangan hasil penyidikan, kami akan memeriksa saudara TR (pengunggah video ujaran kebencian Habib Bahar),” katanya.


Baca Juga:

Ini Diduga Isi Ceramah Habib Bahar di Margaasih Bandung, Penyebab Dipanggil dan Diperiksa Polisi Lagi

Kombes Arief menyampaikan penyidik telah melaksanakan gelar perkara kasus dugaan ujaran kebencian Habib Bahar.

“Tim penyidik telah melakukan gelar perkara selaras dengan konstruksi hukum yang kita susun secara simultan,” ujar Kombes Arief.

Selain itu, penyidik juga tengah mempersiapkan pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap Habib Bahar yang akan dilakukan Senin (3/1).

“Tentunya tim penyidik mempersiapkan pemeriksaan sesuai dengan surat panggilan yang sudah kami kirimkan,” jelasnya.

Kombes Arief menegaskan penyidi bekerja secara profesional dan transparan dalam menangani kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Habib Bahar.

“Penyidik akan terus bekerja secara maraton, tentunya mengedepankan prinsip profesional, prosedural, transparan, dan akuntabel,” kata Arief.

Sebelumnya, Wakapolda Irjen Eddy Sumitro Tambunan memastikan pemanggilan kepada Habib Bahar akan dilakukan pekan depan.

“Penyidik Polda Jabar telah melayangkan surat pemanggilan dan langsung diterima Bahar Smith,” kata Eddy Sumitro di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar, Kamis (30/12).

Berita sebelumnya, kuat dugaan Habib Bahar Smith dipanggil Polda Jabar terkait isi ceramah Habib Bahar di Margaasih Bandung.

Direskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rahman menjelaskan bahwa kasus yang menjerat Habib Bahar berkaitan dengan ujaran mengandung kebencian yang disampaikannya ketika berceramah di wilayah Margaasih, Kabupaten Bandung.

“Saya jelaskan kronologis awal berawal dari adanya ceramah BS (Bahar Smith) pada tanggal 11 Desember 2021 lalu, di Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, yang masuk wilayah hukum Polres Cimahi, ” terang Dirreskrimsus Polda Jabar Kombes Arif Rachman di Mapolda Jabar, Jumat (31/12).

Kombes Arif menambahkan, bahwa konten ujaran tersebut diunggah di media sosial dan viral.

“Jadi Unggahan itu menuai respons beragam dari pengguna media sosial,” jelasnya.

Kasus ini, kini ditangani oleh Ditreskrimum Polda Jabar dan Ditreskrimsus Polda Jabar.

“Ceramah itu kemudian di-upload, di-upload ke dalam satu akun YouTube dan kemudian disebarkan, ditransmisikan sehingga viral di media sosial,” terangnya.

Habib Bahar dijerat dugaan tindak pidana menyebar informasi untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA.

Hal ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. (ral/jpnn/pojoksatu)