Polisi Datangi Kediaman Habib Bahar, Malah Diceramahi, Polisinya Tertunduk Sambil Ngangguk-ngangguk

Tangkapan layar polisi mendatangi kediaman Habib Bahar di Bogor (ist1 )

POJOKSATU.id, JAKARTA— Video Habib Bahar Smith didatangi anggota polisi di kediamannya di Bogor, Jabar, beredar. Anggota polisi itu diduga merupakan anggota Ditreskrimum Polda Jabar.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh akun instagram @dennysirregar. Dalam video tersebut anggota Ditreskrimum Polda Jabar berjumlah tiga orang dan menggunakan seragam hitam. Seperti seragam yang digunakan para penyidik.

Di momen itu, tampak para anggota polisi diceramahi Habib Bahar Smith. Para anggota juga khidmat mendengarkan ceramah eks narapidana tersebut mengangguk-ngangukkan kepala mendengarkan ceramah Habib Bahar.

Di akhir pertemuan itu, para anggota polisi juga tampak bersalaman dan memeluk Habib Bahar.


Belum diketahui secara pasti, apakah kedatangan para anggota polisi ke kediaman Habih Bahar terkait kasus yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

“Pokoknya dari awal dari video ini. Dilihat fullnya dari awal sampai akhir. Di mana ana menyebarkan rasa kebencian, di mana ada masalah RAS,” katanya.

“Kalau kebencian ia, kebencian terhadap ketidakadilan, kebencian terhadap kezaliman dan kemungkaran. Kalau ada yang merasa berarti ia pelaku daripada itu,” kata Habib Bahar dalam video tersebut.

Akun instagram @dennysirregar yang mengunggah video tersebut menuliskan caption seakan memojokkon anggota polisi.

“Sebenarnya yang bikin wibawa polisi runtuh ya polisi sendiri, Harusnya dipanggil itu kriminal. Bukan didatangi kayak gini. Apalagi pake ceramahi segala,” tulis Denny.

sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pertanyaan kepada pejabat polisi dari Kapolda hingga Kapolres yang dilantik tapi malah sowan ke pimpinan organisasi masyarakat (ormas) yang ikut terlibat keributan.

Jokowi mengingatkan polisi untuk tidak sowan kepada ormas yang terlibat pelanggar hukum.

Jokowi kemudian memperingatkan untuk hati-hati menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum.

“Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru, malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?” kata Jokowi dalam arahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat, 3 Desember 2021.

“Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan,” kata dia. (fir/pojoksatu)