Pengamat Sebut Pilpres 2024 Kemungkinan Tiga Poros, Ada Nama Muhaimin dan AHY Serta Anies

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Anies Baswedan. Foto JPNN

POJOKSATU.id, JAKARTA — Pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengurai bahwa poros ketiga bisa saja terbentuk di Pilpres 2024 nanti. Dengan demikian bakal ada tiga kubu di pilpres 2024 nanti.

Menurut Dedi Kurnia Syah, peta Pilpres 2024 masih terbilang samar dan terbuka untuk berbagai peluang. Termasuk peluang terbentuknya poros ketiga dalam pilpres.

Dedi Kurnia Syah mengurai bahwa poros ketiga bisa saja terbentuk jika PDIP dan Gerindra benar berkoalisi dan mengusung jagoan mereka.

Di satu sisi, Golkar yang memiliki elektabilitas tinggi cukup mengajak satu mitra koalisi untuk bisa mengusung calon. Dengan begitu, upaya PKB membentuk poros ketiga bisa terwujud.


“Dengan kondisi itu silakan saja PKB menawarkan Muhaimin Iskandar sebagai nominasi capres, tetapi tentu tidak mudah,” tegas Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Minggu (26/12).

Cak Imin, kata Dedi, memiliki masalah dengan elektabilitas pribadi. Sementara Parpol lain di kelas yang sama, ada nama Ketua Umum Partai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang jauh lebih menonjol.

“Karena poros ini menjadi pertarungan tokoh di luar parpol, semisal Anies Baswedan atau Ganjar jika terlempar dari kontestasi internal PDIP,” jelasnya. (ral/rmol/pojoksatu)