Cara Menggunakan WA Web di Smartphone

WhatsApp Web atau WA Web.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Whatsapp (WA) merupakan aplikasi chatting yang bisa digunakan di banyak perangkat. Baik itu mobile maupun PC. Di PC, Anda bisa membukanya melalui web yang biasa dikenal dengan wa web. Tapi, sebenarnya Whatsapp web juga bisa dibuka menggunakan smartphone.


Syarat menggunakan Whatsapp web sangat mudah, hanya butuh browser dan koneksi internet, maka Anda juga bisa menggunakan smartphone karena perangkat ini memenuhi dua persyaratan tersebut.

Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan selengkapnya dikutip laman rsddrsoebandi.id di bawah ini.

Cara Menggunakan WA Web di Smartphone

Untuk bisa menggunakan Whatsapp web di smartphone, Anda harus menyiapkan dua Hp. Satu Hp digunakan sebagai Whatsapp web dan yang satunya lagi digunakan sebagai wadah dari Whatsapp web itu berjalan. Jadi Anda tidak bisa membuka Whatsapp web dengan Whatsapp aplikasi di HP yang sama.


Untuk caranya sendiri, ada beberapa yang harus Anda sesuaikan di browser smartphone. Selengkapnya langsung saja ikuti tutorial berikut ini :

  • Buka smartphone yang akan digunakan untuk wa web
  • Sebelum masuk ke website resmi Whatsapp web, Anda harus mengganti pengaturan browser ke situs desktop terlebih dahulu. Caranya klik titik tiga yang ada di kanan atas
  • Akan ada beberapa opsi, cari menu “Tampilan desktop” atau “Desktop site” dalam Bahasa Inggris
  • Centang opsi tersebut, maka tampilan website akan berubah seperti di desktop
  • Setelah itu, kunjungi website wa web di https://web.whatsapp.com
  • Di landing page website akan tampil QR Code yang akan discan nantinya
  • Beralih ke HP yang lain, pastikan di hp ini sudah terinstall Whatsapp dan login menggunakan akun milik Anda
  • Klik tanda titik 3 di bagian kanan atas
  • Kemudian pilih opsi Whatssap Web atau Linked Device jika setting bahasa di hp tersebut menggunakan bahasa Inggris
  • Selanjutnya akan terbuka kamera untuk scanning
  • Arahkan scanning tersebut ke QR code yang ada di landing page wa web
  • Setelah scanning berhasil, Anda akan langsung dibawa ke Whatsapp web dengan akun yang sama seperti hp yang Anda pakai untuk scan QR Code
  • Proses selesai.

Setelah proses selesai, kini Anda sudah bisa menggunakan Whatsapp web di smartphone dengan menggunakan browser yang sudah diatur menjadi desktop view. Akan tetapi menggunakan wa web di smartphone ini memiliki beberapa kekurangan diantaranya:

1. Layout tidak Sesuai

Memaksakan membuka wa web di smartphone sebenarnya bukanlah hal yang bijak. Karena layout website Whatsapp web akan sulit menyesuaikan dengan ukuran layar smartphone. Anda akan merasa kesulitan saat menggunakan Whatsapp di perangkat ini. Apalagi kalau layar yang digunakan terlalu kecil.

Layout landscape pada Whatsapp web akan menyulitkan Anda untuk menyesuaikan diri. Karena Anda harus scroll secara horizontal dan vertikal untuk melihat seluruh bagian dari website. Jadi, secara layout tidak disarankan untuk membuka wa web di smartphone.

2. Fungsionalitas tidak Optimal

Sedikit berbeda dari Whatsapp aplikasi, wa web memiliki beberapa fitur yang hanya bisa digunakan pada platform ini. Seperti mengaplikasikan tema gelap dan terang pada web. Jika Anda membukanya menggunakan smartphone, maka fungsionalitas fitur-fitur ini tidak bisa berjalan optimal.

Alih-alih mendapatkan tampilan yang indah dan mudah digunakan, Anda bisa semakin kesulitan karena tidak maksimalnya fitur-fitur tersebut berjalan.

Whatsapp web memang bisa digunakan pada smartphone dan hal ini merupakan keunggulan tersendiri jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Tapi, dalam kondisi normal disarankan untuk tidak melakukannya karena ada beberapa kelemahan yang berpotensi mengganggu.