Besok Koridor 1 dan 2 untuk Biskita Akan Dibuka, Ini Rutenya

Biskita Transpakuan
Biskita Transpakuan./Foto: Adi

POJOKSATU.id, BOGOR– Koridor 1 dan 2 untuk jalur Biskita Transpakuan akan dibuka besok, hari Rabu (15/12/2021).

Dua koridor itu meliputi Bubulak-Cidangiang dan Bubulak-Ciawi.

“Jadi besok (Rabu, red) yang akan di-launching adalah koridor 1 dan 2. Total ada 28 kendaraan yang akan jalan di kedua koridor itu,” kata Ketua Badan Pengawas Kodjari, Dewi Jani Tjandera kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Dengan rincian, dilanjutkannya, koridor 2 ada 15 unit kendaraan dan koridor 1 ada 13 unit kendaraan.


“Unitnya sudah ada semua dan diterima di Bogor,” ucap Dewi.

Menurutnya, hingga saat ini jumlah unit Biskita Transpakuan yang sudah mengaspal di dua koridor, yakni koridor 5 dan 6 berjumlah 21 kendaraan.

Dengan rincian, di koridor 5 ada 11 unit kendaraan dan koridor 6 ada 10 unit kendaraan.

“Total untuk tahun ini ada 49 unit. Setiap masing-masing koridor disiapkan satu unit bus khusus penumpang disabilitas,” imbuhnya.

Disinggung sudah berapa angkot di Kota Bogor yang sudah dikonversi menjadi Biskita Transpakuan, dituturkan Dewi, hingga saat ini sudah ada 186 unit angkot yang dikonversi dari enam koridor yang ada di Kota Bogor.

Kendaraan-kendaraan itu pun berasal dari semua koperasi yang ada di Kota Bogor seperti Kencana, Kodjari, Madani dan lain sebagainya.

“Prinsipnya kita menyesuaikan dengan trayek yang dibutuhkan, misal kita butuh di koridor 6 itu ada trayek 07 dan satu pendamingnya bisa 02 dan 03 itu kita ambil,” beber dia.

“Kita beli dan kita besi tua ‘kan di Samsat. Kita tidak membeli ke badan hukum melainkan ke pemiliknya langsung, badan hukum hanya mengantarkan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo menuturkan, untuk pengoperasian koridor 3 dan 4 akan dilakukan setelah semua kesiapan telah terselesaikan.

“Dua koridor selanjutnya menunggu kesiapan jalan yang sedang dalam tahap perbaikan pada Jalan Suryakencana yang akan dipenuhi di awal tahun 2022,” tandasnya. (adi/pojokbogor)