Rentetan Kecelakaan Busway, Dirlantas Polda Metro Bakal Temui Pihak TransJakarta

Kombes Sambodo Purnomo (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA-Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengaku akan menemui pihak TransJakarta terkait rentetan kecelakaan yang dialami armadanya.

“Terkait dengan banyaknya laka lantas (kecelakaan lalu lintas) yang melibatkan TransJakarta, satu dua hari kedepan saya akan bertemu dengan Dirut (Direktur Utama) TransJakarta. Kami konsultasikan, kemudian kami akan lihat sejauh mana pihak manajemen akan memperbaiki Standar Operasional Prosedur mereka sehingga kecelakaan-kecelakaan tersebut bisa dihindari atau setidaknya tidak diulangi,” kata dia kepada wartawan, Selasa 7 Desember 2021.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono menambahkan polisi menegur pihak TransJakarta yang tak melaporkan kecelakaan armadanya di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, pada Senin 6 Desember 2021 kemarin.

Pihak TransJakarta tak melaporkan kecelakaan tersebut dengan alasan telah sepakat damai.


Sehingga, polisi baru tahu kecelakaan itu pada Senin sore padahal kejadiannya subuh.

Adapun kecelakaan yang terjadi di Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin 6 Desember 2021, berlangsung pukul 04.30 WIB. Bus menabrak separator karena coba menghindari truk mixer.

Kecelakaan berawal saat truk mixer pindah lajur tiba-tiba. Truk mixer itu tiba-tiba pindah jalur dari kiri ke kanan sehingga membuat bus TransJakarta menghindar dan menabrak separator.

Dia menjelaskan, bus TransJakarta tersebut baru keluar dari pool saat kecelakaan terjadi, sehingga dipastikan tak ada penumpang didalamnya. Sopir truk mixer pun bertanggung jawab atas kecelakaan ini.

“Kami memberikan masukan kalau ada peristiwa kecelakaan harus tetap dilaporkan. Begitu laka (tadi) langsung diberesi. Jadi tidak ada laporan. Makanya kami awalnya enggak tahu,” kata Argo menambahkan.

(dhe/pojoksatu)