China Lakukan Manuver ‘Provokasi’, Armada Angkatan Laut Dikerahkan ke Laut Natuna Utara, Dekat Sekali

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto BPMI Setpres

POJOKSATU.id, JAKARTA— Armada Angkatan Laut China melakukan manuver di Laut Natuna Utara. Total ada 6 kapal, 3 kapal fregat dari angkatan laut China, 1 coastguard, 1 nelayan dan 1 survei dikerahkan.


Sebelum menyatakan protes atas pengeboran di Laut Natuna Utara yang dilakukan Indonesia, China dilaporkan mengerahkan satu armada Angkatan Laut ke wilayah tersebut.

Berbicara dalam diskusi virtual RMOL World View bertema “Natuna Utara Punya Indonesia” pada Selasa (7/12), anggota Komisi I DPR RI Muhammad Farhan membeberkan kembali informasi China telah mengirim nota diplomatik untuk menuntut Indonesia menyetop pengeboran minyak dan gas alam di wilayah perairan Laut Natuna Utara.

Pada awalnya, ia mengaku mendapatkan laporan dari nelayan dan pekerja dari perusahaan pengeboran terkait aktivitas armada laut China di sekitar mereka.


Menanggapi laporan tersebut, Farhan kemudian berkomunikasi dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Hasil koordinasi itu, Bakamla mengakui sudah berpatroli dan memang ada gerakan dari armada laut China.

“Mereka (Bakamla membawa) satu armada angkatan laut, yang dalam jangkauan operasi (mendapati) total ada enam kapal, tiga kapal fregat dari angkatan laut Tiongkok, satu coastguard, satu nelayan dan satu survei,” ujar legislator Partai Nasdem ini.

“Mereka manuvernya itu kadang-kadang dekat banget dengan tempat drilling,” sambungnya.

Usai mendapat laporan itu, lanjutnya, Farhan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk memastikan apakah mannuver kapal-kapal itu ada izin kerjasama atau tidak.

“Ternyata nggak ada, makanya kami melayangkan surat yang dijawabnya dengan dua hal itu, bahwa China mengklaim bahwa itu daerah laut mereka dengan menggunakan nine dashed-line,” lanjutnya.

Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) pada 2017, wilayah Laut Natuna Utara merupakan bagian dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. (ral/rmol/pojoksatu)