Polisi Selidiki Unsur Kelalaian Kecelakaan Busway Tabrak Pos Polisi PGC Jaktim

Bus transjakarta tabrak pos polisi di PGC Cililtan

POJOKSATU.id, JAKARTA- Polisi masih mendalami ada atau tidaknya unsur kelalaian sopir atas kecelakaan bus TransJakarta menabrak Pos Polisi di PGC, Jakarta Timur.

Polisi memeriksa sopir dan sejumlah saksi.

Menurut Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono, selain sopir dan saksi, pihaknya juga memeriksa kamera CCTV (Closed Circuit Television yang terpasang di dashboard bus TransJakarta dan di sekitar lokasi.

“Setelah itu baru bisa ditentukan kelalaian ada di mana. Termasuk kondisi fisik kendaraan,” ucap Argo kepada wartawan, Jumat 3 Desember 2021.


Sementara itu, menuru Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Edy Surasa dugaan awal penyebab kecelakaan adalah buntut dongkrak menggelinding dan menimpa pedal gas. Namun, polisi tidak bisa langsung menyimpulkan demikian.

“Dugaan awalnya karena dongkrak berat yang bisa membawa beban 15 ton ditaruh jok driver, tahu-tahu kan ke menggelinding pedal gas. Sehingga driver tidak bisa menguasai. Karenanya langsung menabrak pospol kami,” kata Edy menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, satu unit bus TransJakarta menabrak pos polisi di simpang Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Kamis, 2 Desember 2021. Polisi membenarkan kejadian ini.
Polisi Masih Lakukan Evakuasi

Saat ini, polisi masih melakukan proses evakuasi di lokasi kejadian. Hal itu dibenarkan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono.

“Kejadian sekitar pukul 13.00 kurang, saat ini sedang proses evakuasi,” kata Argo kepada wartawan, Kamis, 2 Desember 2021.

(dhe/pojoksatu)