Kronologi Busway Tabrak Separator di Depan Ratu Plaza, Botol Air Mineral Jadi Pemicu

bus Transjakarta menabrak separator di depan Ratu Plaza, Sudirman, Jakarta Pusat

POJOKSATU.id, JAKARTA- Sopir TransJakarta yang menabrak separator di depan Ratu Plaza, Sudirman, Jakarta Pusat, mengaku botol air mineralnya jatuh hingga akhirnya terjadi kecelakaan


Sopir itu bernama, Ade Setiyono, diihadapan polisi Ade mengaku botol miliknya terjatuh.

Kemudian botol itu menimpa pedal gas bus. Alhasil, bus pun melaju tak terkendali.

“Jadi, saya lagi nyetir (botol) gelinding kena gas,” ujar dia kepada wartawan, Jumat 3 Desember 2021.


Sementara itu, menurut Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Argo Wiyono menambahkan, awalnya bus melaju dari arah selatan ke utara.

Tepat di depan Ratu Plaza, bus oleng ke arah kiri. Akibat kecelakaan itu, bus mengalami kerusakan. Bukan cuma itu, separator busway pun juga rusak.

“Sesampainya di depan Gedung Ratu Plaza, diduga kurang hati-hati dan konsentrasi sehingga oleng ke kiri dan kemudian menabrak pembatas jalur busway. Akibat dari laka lantas tersebut kendaraan dan pembatas jalur busway mengalami kerusakan,” kata Argo menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, baru sehari kecelakaan bus Transjakarta yang menabrak Pos Lantas PGC Jaktim, kini bus Transjakarta kembali menabrak separator di depan Ratu Plaza, Sudirman, Jakarta Pusat.

Insiden laka lantas tersebut terjadi pada Jumat (3/12/2021) sekira jam 12.00 WIB.

Banyaknya kecelakaan laka lantas bus Transjakarta, tentu hal ini menjadi pekerjaan rumah Pemprov DKI Jakarta untuk mengevaluasi para pengemudi Transjakarta

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono mengatakan, diduga penyebab terjadinya kecelakaan karena sang sopir Transjakarta kurang konsentrasi.

“Penyebab kecelakan diduga pengemudianya kurang hati-hati dan tidak konsentrasi saat mengemudikan bus,” kata Argo saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

(dhe/pojoksatu)