Aksi Mahasiswa Papua di Patung Kuda Tak Dibubarkan, Pimpinan MPR Minta Aparat Adil

Hidayat Nur Wahid atau HNW. (ist)
Hidayat Nur Wahid atau HNW. (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Aliansi Mahasiswa Papua gelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Rabu (1/12/2021).


Massa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) menggelar aksi unjuk rasa untuk memperingati hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Aksi serupa dilaksanakan secara serentak di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Ambon, Makassar.

Dalam aksi mereka, para mahasiswa Papua menuntut pemerintah Indonesia melakukan referendum di Papua.


Mereka ingin Papua diberikan kesempatan untuk menentukan nasib mereka melalui referendum.

Selain itu, para mahasiswa Papua juga menyuarakan penolakan Otonomi Khusus Jilid 2 di Papua.

Mereka juga ingin agar aparat keamanan segera ditarik dari tanah Papua.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyoroti aksi mahasiswa Papua di Patung Kuda yang tidak dipermasalah oleh aparat.

Besok, Persaudaraan Alumi (PA) 212 juga akan melakukan aksi secara damai di lokasi yang sama.

HNW berharap aparat tidak mempermasalahkan aksi Reuni 212 yang dilaksanakan di Patung Kuda besok, Kamis (2/12/2021).

“Aliansi Mahasiswa Papua gelar aksi di Patung Kuda Monas, 1/12/2021, tanpa dipermasalahkan oleh aparat. Besok 2/12/2021, di lokasi yang sama aksi dukung NKRI secara super damai (sebagaimana track record mereka) juga akan digelar,” kata HNW melalui akun Twitternya, @hnurwahid, Rabu (1/12).

Mantan Ketua MPR ini meminta aparat bertindak adil dengan tidak mempermasalahkan aksi Reuni 212 di Patung Kuda, seperti yang dilakukan oleh Aliansi Mahassiswa Papua.

“Penting untuk juga adil, damai & patuhi prokes,” tandas mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (one/pojoksatu)