Kenang Jasa Para Pahlawan, Puan Maharani Sebut Nakes Pejuang Masa Kini dari Ancaman Covid-19

Ketua DPR RI Puan Maharani pidato dalam rangka pembukaan Masa Sidang I Tahun 2021-2022 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/8/2021)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Ketau DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan Indonesia.

“Mari kita mengenang jasa para pahlawan,” kata Puan Maharani saat mengikuti upacara Hari Pahlawan di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021).

Puan mengatakan, tanpa jasa para pahlawan yang terdahulu, rakyat Indonesia tidak akan merasakan seperti sekarang ini.

“Tanpa mereka para pahlawan, kita tidak bisa seperti saat ini sebagai negara yang memiliki kebebasan,” ucapnya.


Karena itu, lanjut politisi PDI-Perjuangan itu, Indonesia membutuhkan para pahlawan-pahlawan masa kini.

“Kita membutuhkan pahlawan modern bukan membawa bambu runcing, tetapi berbekal nilai-nilai kebangsaan Indonesia dan berbuah karya-karya yang mendunia,” ujarnya.

Menurut putri Megawati Soekarnoputri itu, pahlawan di era kemajuan atau masa kini adalah mereka yang berjuang bukan hanya untuk kepentingan dirinya saja.

“Tetapi juga kepentingan masyarakat banyak, untuk kepentingan bangsa dan negara bahkan untuk kebaikan dunia,” tuturnya.

Di masa sekarang, sambung Puan, setiap rakyat Indonesia dapat dan perlu menjadi pahlawan era kemajuan.

Tentunya dengan terus berpegang kepada nilai-nilai kebangsaan.

“Yakni nilai-nilai yang bersumber pada Pancasila, NKRI, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Menurut Puan, pahlawan masa kini itu adalah, para tenaga kesehatan (Nakes) yang berjuang untuk kesehatan rakyat Indonesia.

“Para nakes Indonesia, yang selama dua tahun ini sudah berjuang menyelamatkan nyawa rakyat Indonesia dari ancaman Pandemi Covid-19, mereka adalah pahlawan era kemajuan,” ungkap Puan.

Para tenaga kesehatan disebut menunjukkan semangat kerja keras dan kemanusiaan yang luar biasa dengan mengabdikan hidupnya untuk keselamatan bangsa.

“Peran nakes terhadap keberhasilan Indonesia mengatasi pandemi sangat besar, hingga turut mendapat pengakuan dunia,” pungkasnya.

(muf/pojoksatu)