Jenderal Andika Belum Mau Terbuka Siapa Sosok Penggantinya di Kursi KSAD

Jenderal Andika Perkasa di kediamannya (jawa pos)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Jenderal TNI Andika Perkasa belum mau terbuka siapa sosok penggantinya di kursi KSAD. Andika telah lolos uji kelayakan dan kepatutan Panglima TNI di Komisi I.

Jenderal TNI Andika Perkasa telah lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test jadi Panglima TNI di Komisi I DPR RI.

Jika Rapat Paripurna DPR RI menyetujui Andika menjadi Panglima TNI, maka kursi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) akan ditinggalkannya.

Disinggung mengenai siapa penggantinya di kursi KSAD, Jenderal Andika belum mau menjawab.


Dia baru akan berbicara sosok suksesornya setelah resmi menjadi Panglima TNI.

“Mungkin setelah resmi (jadi Panglima TNI). Saya janji setelah resmi ya. Kan sekarang belum,” kata Jenderal Andika Perkasa di Senayan Residence, Jakarta Pusat, Senin (7/11).

Begitu pula saat disinggung mengenai terobosan yang akan dibuat jika telah menjadi Panglima TNI, Jenderal Andika memilih bungkam.

“Ya pokoknya setelah resmi saja ya, kan sekarang belum, masih ada proses besok. Saya janji nih,” ucapnya.

Diketahui, Komisi I DPR menyetujui Andika Perkasa untuk menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun pada November 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid usai melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap Andika Perkasa.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” ujar Meutya di Gedung DPR, Sabtu (6/11).

Mantan jurnalis ini menuturkan bahwa persetujuan Komisi I DPR terhadap Andika Perkasa menjadi Panglima TNI lantaran telah melakukan rapat internal.

Meutya menambahkan, proses selanjutnya DPR menggelar rapat paripurna pada Senin (8/11) atau besok untuk menyetujui Andika Perkasa ditetapkan sebagai Panglima TNI.

Dan selanjutnya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ral/jpc/pojoksatu)