Dituding Provok, Ulama NU Habib Abubakar Assegaf Kuliti Ceramah Buya Syakur

Habib Abubakar Asssegaf

POJOKSATU.id – Ulama NU, Habib Abubakar Assegaf dituding sebagai provokator lantaran menyebut KH Abdul Syakur Yasin MA atau Buya Syakur liberal.

Habib Abubakar Assegaf dituduh sebagai tukang stempel karena melabeli Buya Syakur sebagai sesepuh liberal.

BACA: Habib Abubakar Assegaf Disuruh Minta Maaf Usai Kritik Ceramah Buya Syakur

Tokoh NU Pasuruan, Jawa Timur itu juga disuruh minta maaf kepada Buya Syakur.


Menanggapi hal itu, Habib Abubakar Assegaf menegaskan akan menguliti ceramah Buya Syakur.

Ia akan membuktikan bahwa Buya Syakur merupakan ulama liberal.

“Karena banyak yang menuduh saya sebagai tukang label (tukang tuduh) sembarangan, tanpa ada dasar ilmiah yang jelas (atas tweet saya) terhadap ceramah kontroversial Buya Syakur, maka saya putuskan: saya akan buat bantahan ilmiah saya dengan video yang akan saya share di sini,” kata Abubakar Assegaf dalam postingannya di akun Twitter @abubakarsegaf pada 3 November 2021.

BACA: 10 Kontroversi Ceramah Buya Syakur di Mabes Polri, Program Moderasi Agama

Habib Assegaf akan menyampaikan kebenaran sesuai Alquran dan hadis.

“Sebagai bentuk tanggung jawab saya atas nama pembelaan terhadap konstitusi ilmu dan kewajiban moral saya untuk menyampaikan yang HAQ adalah HAQ dan yang bathil adalah bathil,” tegasnya.

Ia menanggapi cuitan @BakarSmith yang menuduhnya sebagai provokator dan menyuruhnya untuk minta maaf kepada Buya Syakur.

“Kalau mau bongkar jangan tanggung-tanggung, dari dulu cuma gitu-gitu aja dan tidak membuktikan apa-apa. Provok yang mana yang anda maksud?,” tanya Habib Assegaf, menanggapi cuitan @BakarSmith.

“Kasihan. Segala cara dicari dengan tujuan menyerang personal saya. Semoga mereka & kita semua dapat hidayahNya. Amiin,” tambahnya.

Video Habib Abubakar Assegaf Tanggapi Ceramah Buya Syakur

Sedianya Habib Assegaf membagikan video yang berisi tanggapannya atas ceramah Buya Syakur pada Sabtu malam (6/11). Namun ditunda karena durasi videonya terlalu panjang.

“Karena panjangnya durasi video jawaban saya terhadap ceramah Buya Syakur (mengingat saya menjawab poin per poin sambil memutar kembali poin ceramah BS yang kami jawab) insya Allah video akan diupload hari Ahad lusa,” katanya pada Jumat (5/11).

Video tanggapan Habib Abubakar Assegaf terhadap ceramah Buya Syakur di Mabes Polri akan dibagikan di kanal YouTube Abubakar Assegaf hari ini, Ahad, 7 November 2021.

“Insya Allah akan kami upload besok (Hari Ahad 7 November 2021 M. Estimasi pukul 19:00 WIB ) Ba’dal Isya’ semoga bermanfaat (admin),” tulisnya. (one/pojoksatu)