Ratusan Juta Dana Desa Tak Jelas, Pemeriksaan Khusus Pj Kades Edy Anwar Tertahan di Tangan Kepala Inspektorat

Posko Covid-19 di Desa Tambangan Tonga (ikror)

POJOKSATU.id, PANYABUNGAN — Rencana pemeriksaan khusus Pj Kades Tambangan Tonga yang lama Edy Anwar Senin (8/11) nanti tertahan di tangan Kepala Inspektorat Madina Marwan Siregar.

Dihubungi Pojoksatu.id via telepon seluler Jumat (5/11), Kepala atau Inspektur Inspektorat Mandailing Natal (Madina) Sumut Marwan Siregar menyebut rencana pemeriksaan khusus eks Pj Kades Tambangan Tonga Edy Anwar yang dimulai Senin (8/11) belum jelas atau belum pasti.

“Belum jelas (Senin). Akan dibentuk tim lebih dulu. Tim Inspektorat ini harus dibagi-bagi lebih dulu,” jelasnya.

Menurut Kepala Inspektorat, surat yang masuk soal permasalahan dana desa di Kabupaten Madina, sangat banyak, tidak hanya Tambangan Tonga Kecamatan Tambangan saja.


Disinggung pemeriksaan khusus ini tinggal menunggu tanda tangan Surat Perintah Tugas (SPT) dari Marwan Siregar, Marwan malah berang.

“Kok bapak maksa saya, saya atau dia yang ngatur,” jelasnya lagi.

Sebelumnya, salah satu pengawas pemerintahan madya di Inspektorat Madina Ongku Siregar menyebut bahwa SPT pemeriksaan khusus Pj Kades Edy Anwar sudah dimasukkan ke meja Marwan Siregar, Jumat (5/11).

Ongku dan tim pemeriksa baru bisa bergerak ke Tambangan Tonga jika SPT ini sudah ditandatangani Marwan Siregar.

Ditanya lebih lanjut bahwa surat pengaduan warga Desa Tambangan Tonga ini sudah lama masuk ke Inspektorat Madina, Marwan Siregar malah beralasan begini.

“Banyak masalah yang masuk yang harus kami penuhi dulu. Bukan cuma ini. Tim kami susun dulu,” katanya.

Marwan Siregar mengaku hari Senin nanti akan dilaksanakan pembentukan tim. Dan jika sudah ada tim ini, Inspektorat Madina pasti bergerak ke Desa Tambangan Tonga.

Ditanya tim pemeriksa khusus ke Desa Tambangan Tonga ini sebenarnya sudah ada di bawah Pengawas Madya Ongku Siregar, Kepala Inspektorat Marwan Siregar malah berkilah.

“Dia tidak pernah ngasih tahu tim ini sama saya. Tiba-tiba masuk surat SPT-nya. Makanya tidak bisa seperti ini. Makanya sabar, ” kilah Marwan Siregar.

Sejatinya pemeriksaan khusus Pj Kades Edy Anwar atau Dana Desa Tambangan Tonga ini tinggal tanda tangan SPT dari Kepala Inspektorat, Marwan Siregar kembali memberi alasan.

“Belum ada dia bicarakan sama saya ini. Yang mendisposisikan surat bukan saya. Ini surat sudah saya tengok, bukan saya yang mendisposisi. Tunggu dulu sebentar,” katanya lagi.

Menurutnya, tidak akan butuh waktu lama lagi, tim pemeriksa khusus dari Inspektorat Madina akan datang ke Tambangan Tonga.