Buru DPO Begal Sadis di Cakung, Polisi Minta Pelaku Menyerahkan Diri, Atau..

tangan putus ditebas begal
ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA- Tiga dari lima pelaku pembegalan terhadap pria bernama Sigit alias Debleng hingga tewas di kawasan Cakung, Jakarta Timur dicokok polisi. Mereka adalah AH, MR, MT.

Dua orang lainnya, yaitu AL dan MAD masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.

Karena sudah diketahui identitasnya, polisi meminta keduanya menyerahkan diri. Jika tidak, mereka akan diberikan tindakan tegas.

“Ada yang masih DPO, dua orang masih dalam pengejaran. Tapi, kami sudah ketahui identitas dan tempat tinggalnya. Mudah-mudahan yang bersangkutan segera menyerahkan diri tanpa harus kami melakukan penangkapan dan upaya-upaya lain,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Erwin Kurniawan kepada wartawan, Senin 1 November 2021.


Kata dia, korban saat kejadian berada di halte bus. Kemudian, kelimanya menyatroni. Pelaku berpura-pura menanyakan korban dan berkata ‘ini pelakunya’. Korban lalu melarikan diri lantaran tidak tahu menahu persoalan yang dimaksud. Kejar-kejaran pun terjadi.

“Korban dikejar, kemudian dibacok dan handphonenya diambil,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, AH, AL dan MAD berperan membacok tangan korban. Untuk, MR dan MT membantu memegangi tangan kiri dan tangan kanan pada saat dibacok.

Awalnya polisi memburu otak perampasan, yaitu AH di kampung halamannya di kawasan Puwakarta.

“Dari saudara AH, diketahui beberapa temannya yang bersama bersangkutan. AH berperan sebagai promotornya yang menggerakkan empat orang, rekan-rekan lainnnya untuk melakukan kegiatan pencurian dengan aksi kekerasan,” katanya.

Dari pemeriksaan, AH diketahui terlibat dalam berbagai aksi pencurian di Jakarta, dan Bekasi. Dia juga pernah melakukan aksi tawuran di Cakung.

Atas perbuatannya para pelaku dijerat Pasal 365 dengan ancaman hukuman 20 tahun.

“AH lulus SMA sudah jadi inisiator dalam kegiatan tawuran terutama di daerah Cakung,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria meregang nyawa usai jadi korban begal. Korban tewas dengan luka bacok pada lehernya.

Hal ini viral di media sosial Instagram. Akun Instagram @membacokreal salah satu yang mengunggahnya. Menurut akun tersebut, korban juga luka pada bagian perut dan lengan. Kejadian ini disebut terjadi di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Kejadian ini disebut terjadi Senin, 25 Oktober 2021. Korban bernama Sigit alias Debleng.

(dhe/pojoksatu)