Pengamat Ungkap Sinyal Kuat KSAD Menuju Panglima TNI Terjadi Jumat Lalu di Bandara Halim

Presiden Jokowi berangkat ke Eropa dilepas KSAD Jenderal Andika Perkasa (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Sinyal kuat KSAD Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI diungkap pengamat politik Ujang Komarudin. Andika mewakili Hadi Tjahjanto Jumat lalu di Bandara Halim.

Menurut Ujang Komarudin, sinyal KSAD Jenderal Andika Perkasa akan dipilih Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto semakin kuat.

Salah satu yang memperkuat sinyal tersebut adalah kehadiran Andika Perkasa mewakili Hadi Tjahjanto saat melepas Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke luar negeri di Bandara Halim Perdana Kusuma Jumat lalu.

“Kelihatannya sinyal atau arah-arahnya ke sana,” ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Minggu (31/10).


Kata Ujang Komarudin, sebelumnya Mensesneg Pratikno yang merupakan orang kepercayaan Presiden Jokowi juga telah berkunjung ke kantor KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Baginya semua itu merupakan sinyal yang memperkuat kemungkinan istana mengarahkan pilihannya pada Jenderal Andika Perkasa.

“Namun terlepas dari itu semua, semua tergantung pada Jokowi. Karena institusi yang memiliki kekuatan represif seperti Kepolisian dan TNI itu pucuk pimpinannya haruslah orang dekat presiden,” katanya.

Ujang Komarudin menambahkan panglima TNI haruslah orang yang dekat dengan presiden dan juga memiliki track record baik dalam satuannya.

Termasuk memiliki prestasi gemilang.

“Kalau bukan orang dekat presiden bisa bahaya. Seorang panglima juga mesti punya kualitas dan prestasi,” tutupnya.

Diketahui, Marsekal Hadi akan memasuki pensiun pada awal bulan November 2021 ini. (ral/rmol/pojoksatu)