Tingkatkan Kompetensi dan Keterserapan Lulusan, Sekolah Vokasi IPB University Tandatangani MoA dengan Binawan Training Center

POJOKSATU.id – Sekolah Vokasi (SV) IPB University bersama Yayasan Binawan Training Center menandatangani perjanjian kerjasama di bidang pendidikan, pelatihan, dan penyerapan tenaga kerja, 19/10/2021. Penandatanganan dilakukan di Executive Lounge Gedung Dekanat Sekolah Vokasi IPB University.


Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia; meningkatkan kualitas lulusan pendidikan vokasi; dan Meningkatkan keterserapan tenaga kerja dari lulusan pendidikan vokasi.

Penyaluran lulusan akan dilakukan untuk lulusan dari Program Studi Manajemen Agribisnis, Program Studi Teknologi Industri Benih, Program Studi Teknologi dan Manajemen Perkebunan, Program Studi Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian, serta Program Studi lainnya yang relevan sesuai kriteria yang telah ditetapkan.

Dr Wawan Oktariza, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan SV IPB University mengungkapkan kerjasama ini bertujuan agar para lulusan Sekolah Vokasi IPB University dapat terserap dengan baik.


“Binawan merupakan salah satu Job Hunter yang memiliki link di berbagai negara seperti Jepang untuk kesehahan dan Kanada untuk pertanian,” kata Dr Wawan Oktariza.

Dengan kerjasama ini, katanya, lulusan Sekolah Vokasi IPB University akan ditraining dan disalurkan pada industri yang membutuhkan di luar negeri. Ia berharap, ke depannya akan lebih banyak lagi program studi yang bisa dilakukan pembinaan.

Sementara itu, Drs Apt Sjarif Ali, Kepala Badan Pengawas Harian Universitas Binawan menyatakan tidak akan ada lulusan yang menganggur begitu kembali ke Indonesia.

“Skema yang sudah kami pikirkan matang-matang adalah membuatkan greenhouse di Indonesia. Jadi, selama mahasiswa atau lulusan tersebut sedang berada di luar negeri, keluarga yang ada di Indonesia akan mengelola greenhouse. Jadi begitu mereka kembali ke Indonesia akan meneruskan pengelolaan greenhouse tersebut,” kata Sjarif Ali.

Ia juga menyatakan kesan yang luar biasa karena bisa bekerja sama dengan SV IPB University. Pasalnya, IPB University telah menjadi Top Mind jika membicarakan mengenai pertanian.

“Suatu kebanggaan untuk kami dapat bekerjasama dengan salah satu instansi besar, yang kita tahu, IPB University adalah salah satu Top of Mind di bidang pertanian. Ketika kami dihubungi oleh Pak KonJen (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Toronto, beliau meminta tenaga kerja dari Indonesia di bidang pertanian dan kami langsung menghubungkan dengan IPB University,” ujarnya

Sekolah Vokasi IPB University akan terus berupaya agar para lulusan dapat meningkatkan kompetensinya dan siap menyambut Generasi Emas Indonesia pada tahun 2045.

(SA/WB)