Kado Hari Santri, Menag Yaqut Janjikan Dirjen Pesantren

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas umumkan pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Direktorat Jenderal (Dirjen) Pesantren sebagai kado Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober.


Pembentukan Dirjen Pesantren ini sudah diusulkan Kemenag dan jika disetujui, itu akan jadi terobosan baru di dunia santri Indonesia.

BACA JUGA: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, PAN Berikan Catatan Penting, Isinya..

Demikian disampaikan Menag Yaqut dalam webinar Peringatan Hari Santri 2021 yang diadakan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI-PBNU).

RMI-PBNU mengangkat tema “Sudut Pandang Politik, Ekonomi, Budaya, dan Revolusi Teknologi” pada peringatah Hari Santi kali ini, Rabu (20/10).


“Insyaallah, saya mohon dukungan Gus Rozin (Abdul Ghofar Rozin), dan seluruh santri, kami sedang mengusulkan satu Dirjen baru di Kementerian Agama, yaitu Dirjen Pesantren,” kata Gus Yaqut, sapaan karibnya.

Menurut Gus Yaqut, terbentuknya Dirjen Pesantren setelah dilakukan diskusi bersama Wakil Presiden Maruf Amin selaku ketua tim reformasi birokrasi.

Termasuk juga bahasan teknis yang akan segera dibicarakan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB).