Sandiaga Uno Puji Ekowisata EAL di Bogor, Ridwan Kamil Genjot Ekonomi Kreatif

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menjadi narasumber Remote Workshop bertemakan Adaptive Leadership secara virtual dari Gedung Pakuan Bandung, Jumat (8/10/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar)

POJOKSATU.id, BOGOR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini, jembatan gantung yang nantinya dibangun di kawasan ekowisata Eiger Adventure Land (EAL), bakal jadi ikon wisata dunia.


Ekowisata yang dibangun di Kecamatan Megemendung, Kabupaten Bogor itu, juga menghadirkan sejumlah landmark ikonik.

Di antaranya kereta gantung sepanjang 836 meter. Rencananya, kawasan ekowisara EAL dibuka untuk umum pada 2023 mendatang.

EAL menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis seperti petualangan hutan, jalan-jalan budaya, permainan ruang terbuka.


Juga desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, kemping, hingga jelajah nusantara.

Sandiaga pun mengapresiasi semua pihak atas pembangunan kawasan wisata EAL.

Menperkeraf meyakini, kawasan wisata EAL nantinya bisa menjadi kebanggan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.

“Ini merupakan persembahan kita untuk ikon pariwisata dunia,” kata Sandiaga Uno usai peletakan batu pertama, Minggu (17/10/2021).

Sandiaga Uno juga berharap, pembangunan ekowisata itu bisa meningkatkan ekonomi rakyat.

Pasalnya investasi yang digelontorkan untuk pembangunan wisata alam ini tidak sedikit.

“Karena investasi ini tidak kecil dan bisa dibilang spektakuler di tengah pandemi. Jumlah Rp800 miliar selama lima tahun ini,” ucapnya.

Pembangunan kawasan ekowisata EAL itu juga jelas akan menyediakan banyak lapangan pekerjaan.

Diperkirakan ada sekitar 600 lapangan kerja di tahap satu yang akan dibuka.

“Dan tahap selanjutnya tentu akan lebih tinggi lagi. Kita harapkan jadi sarana saluran berkat bagi kita semua,” ucap Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno didampingi Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Atalia sempat mencoba menaiki mobil landrover defender miliki Eiger.

Atalia juga sempat mendampingi Sandiaga Uno untuk mencicipi kopi eiger dan menanam pohon.

Ekonomi Kreatif jadi Peradaban Baru

Sementara, ekonomi kreatif disebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bakal menjadi sebuah investasi berharga karena diperkirakan 20 tahu mendatang, Indonesia akan didominasi penduduk usia produktif.

Itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrabnya, saat menjadi narasumber virtual ‘Kuala Lumpur Creative Economy Forum 2021 (KUL.CEF 2021): Creative Economy as a Source of Economic Strength’, dari Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

“Saya kira ekonomi kreatif sangat penting dan masa depan pertumbuhan ekonomi tentunya dalam melawan disrupsi juga merespons kemajuan teknologi,” terangnya.

Ini ditambah lompatan teknologi yang cukup besar di tengah pandemi Covid-19.

“Tiga juta orang sudah beralih menggunakan digital. Ini merupakan berita baik ekonomi bisa meningkat hanya dengan kegiatan sehari dengan upload produk di media sosial pribadinya,” bebernya.

Saat ini, Pemprov Jabar juga tengah menyiapkan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif bekerja sama dengan Shopee.

Di kampus Shopee tersebut pelaku ekraf dapat memanfaatkan fitur tersedia seperti kamera foto, layanan live streaming untuk memasarkan produknya.

Ridwan Kamil juga memberikan kebebasan bagi warga Jabar yang hendak memakai namanya untuk dijadikan nama produk usahanya.

“Saya menghadiahkan nama saya untuk dijadikan produk-produk UMKM di Jabar. Ini merupakan strategi marketing kita dalam membantu UMKM,” pungkasnya. (fir/ruh/pojoksatu)